Browse By

7 Aktifitas Penyebab Kecelakaan Saat Memasak

Memasak Di Dapur (foto:viva)

Memasak Di Dapur (foto:viva)

Apakah pernah Anda memikirkan aktivitas yang membahayakan nyawa di dapur? Anda perlu mengenali beberapa hal yang perlu Anda hindari agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Telah terbukti, seseorang sering mengalami kecelakaan saat menggunakan alat tajam yang ada di dapur, seperti pisau. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya lebih berhati-hati lagi saat akan memasak. Berikut beberapa yang perlu Anda lakukan untuk menghindari bahaya yang ada di dapur.

banneracai

1. Menggunakan alat pengiris mandolin tanpa penjaganya
Perlu Anda tahu, bahwa pisau dan mandolin merupakan benda yang sangat tajam dan berbahaya. Bahkan dapat mengakibatkan jari Anda teriris jika tidak disengaja. Oleh sebab itu, baiknya Anda gunakan pelindung jari untuk menghindari hal yang berbahaya.

2. Mengacak laci yang penuh benda tajam
Terkadang orang menyimpan alat dapur di dalam laci dapur, bahkan terkadang pisaupun Anda simapan di dalam laci. Cara seperti ini, justru akan membayakan Anda. Sebab, Anda harus mengacak laci demi saat akan menggunakan benda tajam untuk memasak.

Simpanlah alat dapur yang tajam dan berbahaya di tempat yang khusus. Cara ini untuk menghindari Anda dari bahayanya saat memasak. Sehingga, pisau atau benda tajam lainnya tidak tercampur dengan alat masak lainnya dan Anda akan aman saat memasak.

3. Mengeluarkan sesuatu yang ada di dalam oven
Terkadang sebagian orang terlalu menganggap remeh saat memasak. Bahkan tidak disadari, kegiatan memasak Anda juga dapat membahayakan Anda. Misalnya saat Anda menggunakan oven. Seringkali Anda lupa menggunakan pengaman tangan, sehingga terjadi kecelakaan kecil.

Baiknya, gunakan selalu pengaman tangan saat menggunakan oven. Karena, panasnya oven akan membahayakan tangan Anda.

4. Gunakan pembuka botol
Saat membuka kemasan kaleng, orang biasanya lebih memilih menggunakan pisau sehingga mencelakakan diri sendiri. Sebaiknya, gunakan pembuka botol atau pembuka khusus yang sesuai dengan kegunaannya.

5. Menyentuh mata saat usai memotong cabe
Saat Anda usai memotong bawang, terkadang dengan tidak sengaja Anda menyentuh mata sehingga terasa perih dan mengeluarkan air mata seperti menangis. Begitu pula saat Anda usai mengiris cabe, tanpa sengaja mengucek mata sehingga mata lebih teras perih dan disarankan untuk segera mencucinya dengan air bersih.

6. Menggunakan pisau tumpul
Tahukah Anda, jika pisau tumpul itu jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan pisau yang tajam. Oleh sebab itu, baiknya hindari pisau yang tumpul saat memasak.

7. Menggunakan pakaian panjang atau yang berbahan mudah terbakar
Dan kejadian yang terakhi ini mungkin pernah dialami oleh sebagian orang. Sebelum Anda memasak, baiknya perhatikan pakaian yang Anda gunakan. Karena pakaian juga dapat mengakibatkan kecelakaan saat memasak, terutama pada bahan pakaian yang mudah terbakar dan pakaian yang panjang.(chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares