Browse By

Anda Alergi Dengan Susu Sapi? Bikin Susu Almond aja!

Susu Almond (Foto:healthfoodxdrinks)

Susu Almond (Foto:healthfoodxdrinks)

Smoothie dengan rupa yang memiliki lembut, begitupula dengan rasanya yang lezat milkshake sehingga sangat menggugah selera Anda. Namun, jika Anda memiliki alergi dengan susu sapi ataupun sedang dalam keadaan diet, Anda disarankan baiknya jangan mencoba minuman ini terkecuali jika Anda ganti menggunakan susu soya ataupun almond. Susu almond yang berasal dari kacang kenari ini sangat cenderung dengan rasa yang gurih dibandingkan dengan susu soya dan cukup alternative sebagai susu sehat.

Banyak manfaat yang dimiliki dari susu almond ini, misalnya bebas gluten, rendah karbohidrat, dan dapat menyeimbangkan tubuh dari kolestrol. Untuk membuat susu almond ini, cukup sederhana dan tentu Anda dapat melakukan di rumah.

banneracai

Bahan :
220 gram kacang almond mentah
940 ml air
1 kacang vanilla
½ sdt esens atau ekstrak vanilli

Caranya :
1. Rendam kacang almond selama 8 jam hingga 12 jam dengan air, agar kacang almond mudah untuk dilembutkan saat digunakan, kemudian tiriskan.

2. Gunakan air sebnayak 4 gelas untuk menghaluskan almond, kemudian tambahkan ekstark vanili dan aduk hingga semua tercampur dengan rata.

3. Setelah itu, tambahkan pemanis secukupnya, sesuai dengan selera, misalnya sirup beras, madu ataupun pemanis lainnya.

4. Saring susu, agar ampas dan cairan susu dapat terpisah. Baiknya gunakan saringan dengan lubang yang halus, atau Anda dapat gunakan kain tipis yang sudah dilapisi dengan lembaran misalnya kain kassa. Dan letakkan diatas mangkuk dengan ukuran besar supaya cairan susu tidak tumpah kemana-mana.

Untuk mengeluarkan sisa cairan yang terakhir, Anda peras kembali. Pekerjaan akan mudah, jika Anda menggunakan saringan kain. Namun jika Anda ingin menggunakan tangan, Anda bisa lakukan seperti Anda sedang memeras kelapa dan pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Bagi Anda tang sedang dalam proses diet, Anda bisa gunakan sisa ampas untuk penambah serat pada makanan.

5. Jika susu almond sudah jadi, bisa Anda simpan di dalam kulkas selama 4 hingga 7 hari, tentu dalam keadaan tertutup dengan rapat. Sebelum Anda sajikan, Anda bisa guncangkan susu tersebut supaya endapan dan cairan tercampur rata. Susu ini bisa Anda gunakan sebagai pengganti dari susu sapi, misalnya digunakan untuk memasak ataupun diminum. (chy.mt)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares