Browse By

Bawang, Teman Terbaik Alpukat

Buah Alpukat (foto:aviva)

Buah Alpukat (foto:aviva)

Seringkali Anda hanya menyantap alpukat separuh dan saat akan menyimpan sisa alpukat buah alpukat saat menyantapnya. Sehingga alpukat yang telah terpotong itu kerap kali cepat membusuk. Berikut akan kita bahas gimana sih caranya agar alpukat tidak mudah membusuk.

Alpukat identik dengan teksturnya yang sangat lembut, sehingga membuat alpukat cepat berubah warna menjadi kecoklatan pada bagian permukaannya. Sehingga, Anda merasa bingung saat akan menyimpan alpukat ke dalam kulkas dengan waktu yang cukup lama. Namun, apa yang menjadi penyebab alpukat menjadi berubah warna saat usai dipotong menjadi dua? Jawabannya yaitu, Daging alpukat tidak dapat teroksidasi ketika terkena udara yang disebabkan oleh enzim yang ada di dalam alpukat. Sehingga, alpukat dengan mudah dapat berubah warna menjadi kecoklatan yang kurang menarik.

banneracai

Dan tahukah Anda, jika inilah yang menyebabkan bagian bawah bewarna hijau sedangkan bagian permukaan lain bewarna kecoklatan. Karena, pada bagian bawah lubang telah dilindungi dari oksigen. Kerapkali orang lebih memilih menggunakan cara yang tidak sesuai, misalnya :

  1. Membungkus rapat alpukat dengan menggunakan plastik kemudian simpan di dalam kulkas. Namun, cara ini masih dapat membuat alpukat berubah warna menjadi kecoklatan, karena udara di dalam plastik masih dapat keluar.
  2. Gunakan perasa air lemon ataupun jeruk nipis. Namun cara ini akan membuat alpukat menjadi berlendir.

Untuk mengatasi ini, Anda dapat membatasi permukaan alpukat yang sudah terpotong dari udara yang ada disekitar. Berikut cara terbai yang dapat Anda lakukan, yaitu : simpan sisa alpukat ke dalam wadah yang memiliki kedap udara kemudian beri sepotong bawang. Masukkan alpukat ke dalam kulkas. Cara ini akan menjaga udara yang akan masuk ke dalam alpukat. Karena, senyawa sulfur yang ada pada bawang dapat membuat alpukat lebih tahan lama sebagai pengawet alami.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares