Browse By

Cara Benar Membersihkan Udang Ala Arnold

Membersihkan Udang (foto:republika)

Membersihkan Udang (foto:republika)

Membuat masakan seafood memang tidak mudah, terutama saat akan membersihkan seafood seperti, udang. Jika sedikit salah mengupas udang, Anda mungkin akan mendapatkan udang dengan tekstur yang jelek.

Seperti yang dilansir dari okefood, Arnold Poernomo mengatakan bahwa dirinya dapat mengupas udang dengan baik saat menjadi Brand Ambassador Fiesta Seafood sehingga dirinya menjadi lebih tahu bagaimna cara mengupas udang dengan baik agar tidak merusak teksturnya.

banneracai

Diakuinya, Arnold dahulu selalu mengupas sama seperti yang banyak orang lakukan. Berikut rahasia yang akan dibeberkan oleh Arnold cara mengupas udang yang baik.

  1. Gunakan sarung tangan. Cara ini akan menghindari tangan Anda dari aroma udang yang menempel. Selain itu, untuk menghindari kontaminasi udang dari bakteri yang ada pada bagian jari Anda.
  2. Dimulai dari bagian kepala. Karena udang memiliki tekstur yang lembut, oleh sebab itu hindari perlakuan kasar terhadap seluruh bagian udang agar tidak menjadi hancur. Saat akan mencabut kepala udang, sebaiknya Anda pegang badan udang dengan tangan kiri, dan tangan kanan untuk memegang kepala udang. Patahkan bagian kepala kea rah bawah agar tidak hancur.
  3. Tahap selanjutnya yaitu pada bagian kulit udang. Tarik secara perlahan kulit udang dengan posisi menghadap kea rah Anda agar bagian bawah udang tidak sobek dan sisakan pada bagian ekornya. Ini bertujuan untuk memudahkan saat Anda lumuri udang dengan tepung.
  4. Buang bagian punggung dengan menggunakan tusuk gigi. Mungkin selama ini Anda selalu menggunakan pisau saat akan membelah udang, namun menggunakan tusuk gigilah cara yang terbaik. Karena tusuk gigi memiliki bagian yang cukup tajam sehingga secara perlahan dapat mengikuti arah garis punggung udang dengan mudah. Fungsi lain dari tusuk gigi yaitu, dapat membantu mengeluarkan kotoran yang ada pada punggung udang.(chy)
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares