Browse By

Cara Komplain ke Restoran Untuk Makanan Yang Kurang Enak

Ilustrasi Makan tidak enak di Restoran

Ilustrasi Makan tidak enak di Restoran

Untuk sebagian orang, ada yang sangat mudah untuk dapat mengkonfirmasikan kepada pelayan restoran bahwa dirinya kurang menyukai dengan menu makanan yang dipesannya. Tetapi, ada pula orang yang sulit dan bingung bagaimana cara untuk dapat mengungkapkan kekecewaan yang telah dipesannya. Jika Anda baru saja pesan menu makanan dari salah satu restoran, namun makanan yang telah disajikan kurang sesuai dengan keinginan Anda, misalnya menu masakannya sudah dingin, ataupun rasanya yang kurang sreg untuk Anda, dan lain sebagainya.

Permasalahannya bagi Anda yaitu, kurang cukup memiliki keberanian untuk memberitahu pelayan restoran tersebut. Terkadang Anda lebih berfikir, bahwa kesalahan bukan ada pada pelayan sepenuhnya sehingga tidak patut untuk dipersalahkan.

banneracai

Ada beberapa cara untuk Anda bagaimana cara mengungkapkan pendapat Anda atas situasi yang kurang nyaman bagi Anda, yaitu :

1. Biarkan pelayan tahu akan keadaan tersebut
Bagi pengunjung restoran sebaiknya untuk meninggalkan sisa makanan di piringnya sebagai tanda, yang artinya kemungkinan besar pengunjung kurang menyukai hidangan yang telah disajikannya. Dengan begitu, pelayan akan lebih tahu dan paham atas tanda yang Anda berikan.

Namun beda halnya jika Anda terus memaksakan untuk menghabiskan makanan tersebut, maka akan mempersulit pelayan untuk mengetahui kekurangan hidangan tersebut. Cara seperti ini sebagai kritikan secara tidak langsung sehingga dapat memperbaiki cara pelayanan restoran tersebut agar menjaga kepuasan pelanggan melalui menu terbaik yang mereka berikan. Apalagi jika banyak pelanggan yang melakukan hal serupa seperti itu.

2. Sampaikan saran Anda dengan baik
Bagi Anda yang kurang menyukai dengan menu masakan yang diberikan pada pelayan akibat tidak kesesuaian pada pesanan Anda, misalnya Anda ingin mengganti dengan menu pesanan baru atau dengan menu yang sama tetapi ingin menu tersebut dperbaiki rasanya, Anda cukup komplai dengan cara yang baik. Jika menu tersebut murni atas kesalahan restoran, Anda juga harus menyampaikan dengan cara yang baik. Karena dengan penyampaian yang Anda berikan, justru motivasi bagi restoran untuk lebih baik lagi. Ingat, jangan lupa untuk memberikan senyum saat Anda selesai komplain.

3. Bersahabatlah
Perlu Anda sadari, bahwa makanan yang Anda terima buruk dari restoran, itu bukanlah kesalahan pada pelayan sepenuhnya. Jadi baiknya, Anda selalu untuk tampil ramah dan tetap untuk menghargai mereka. Memang terkadang pelayan seringkali menampung keluhan dari pelanggan, bahkan terkadang pelanggan menyampaikan dengan cara yang kasar. Jika Anda dapat melakukan masukan dengan cara yang lebih baik, tentu mereka akan melakukan perubahan dalam setiap harinya, begitu juga dalam penerimaannya. Tentu mereka akan dapat menerima Anda dengan santun juga. (chy.mt)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares