Browse By

Cara Melehkan Coklat Yang Benar Nih

Melelehkan Coklat (foto:recipeofchocolate)

Melelehkan Coklat (foto:recipeofchocolate)

Sebagian besar orang memang menyukai camilan coklat. Banyak aneka macam coklat yang tersedia di swalayan ataupun di pasar tradisional yang Anda temui. Namun, menggunakan coklat dalam pembuatan kue baiknya dilelehkan terlebih dahulu.

Untuk menghasilkan coklat yang enak, Anda dibutuhkan formula yang tepat dalam melelehkan coklat. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mempersiapkan beberapa alat Bantu seperti, spatula, mangkuk kaca, microwave dan yang paling utama pilihlah coklat yang memiliki kualitas terbaik.

banneracai

Anda dapat menggunakan dark coklat dan jangan lupa untuk mempersiapkan thermometer merupakan hal yang penting. Berikut beberapa hal cara melelehkan coklat dengan baik dan benar:

  1. Potong coklat kecil-kecil sesuaikan dengan selera Anda. Kemudian bagi menjadi dua bagian ke dalam mangkuk. Untuk mengkuk yang pertama, Anda dapat memasukkan coklat sekitar 8 ons ahingga 226 gram. Dan mangkuk kedua, Anda dapat memasukkan coklat sebanyak 4 ons atau 113 gram.
  2. Masukkan coklat mangkuk pertama ke dalam microwave dan diamkan selama 20 sampai 30 detik dan sambil Anda duk secara perlahan hingga coklat melelh dan tampak mengkilap. Anda dapat menggunakan suhu panas sekitar 45 sampai dengan 47 derajat celcius. Usahakan dalam setiap 5 detik sekali Anda aduk agar tidak terlalu panas dan menjadi terbakar.
  3. Aduk terus hingga suhu coklat semakin lama semakin menurun mencapai 31 derajat celcius. Jika Anda menggunakan white coklat, Anda dapat menggunakan suhu panas hingga 30 derajat celcius. Jika Anda cukup lama mendinginkan coklat, maka baiknya masukkan ke dalam microwave hingga beberapa menit saja sudah cukup.

Catatan :
Dalam menggunakan white coklat berbeda dengan Anda menggunakan coklat biasa. Sebab, white coklat membutuhkan peleburan dengan menggunakan suhu rendah sekitar 40 derajat celcius sampai 43 derajat celcius. Kemudian beri potongan coklat secukupnya dan aduk secara perlahan-lahan. (chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares