Browse By

Cara Membuat Abon Sapi yang Renyah, Enak, dan Gurih

abon sapi (Foto:dapurima)

abon sapi (Foto:dapurima)

Untuk diketahui, bahwa abon merupakan suatu bahan makanan yang terbuat dari serat-serat daging hewan. Secara kasat mata, abon tampak berwarna kecoklatan dan agak terang. Hal tersebut disebabkan karena salah satu bumbu untuk membuat abon adalah kecap. Sedangkan bentuk abon yang tampak seperti kapas itu karena bahan utama pembuat abon didominasi serat otot yang mengering.

Cara membuat abon agar masa penyimpanannya bisa sampai berbulan-bulan yaitu dengan membungkusnya dalam kemasan kedap udara dan juga harus dikeringkan mendekati sempurna sampai kandungan airnya sangat sedikit.

banneracai

Biasanya, abon digunakan sebagai bahan makanan tambahan atau pendamping makanan utama seperti sebagai taburan nasi, mie, bubur, dan lain sebagainya. Banyak orang yang bahkan sama sekali tidak tahu cara membuat abon. Bagi Anda yang penasaran dan ingin membuat abon sendiri, berikut adalah cara membuat abon sapi yang renyah, enak, dan gurih tentunya.

Bahan-bahan untuk membuat abon sapi:

  • Daging sapi segar (1 kg)
  • Santan kental (300 ml)
  • Daun salam (2 lbr)
  • Lengkuas (1 ibu jari), digeprak/dimemarkan

Berikut adalah bumbu yang perlu dihaluskan untuk membuat abon sapi yang renyah, enak, dan gurih.

  • Bawang putih (4 siung)
  • Ketumbar (2 sendok makan)
  • Gula merah (2 sendok makan atau secukupnya)
  • Garam (secukupnya)

Berikut adalah cara membuat abon sapi :

  1. Daging sapi direbus bersama dengan lengkuas dan daun salam. Rasakan daging sapi hingga empuk, kemudian diiris tipis. Kemudian setelah diiris tipis, daging dipukul dengan alat pemukul daging sampai memar. Setelah dipukul-pukul, kemudian daging disuwir halus.
  2. Santan dipanaskan, lalu daging yang sudah disuwir dimasukkan beserta dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan.
  3. Proses memasak dilakukan dengan api kecil sampai santan habis dan daging sudah betul-betul kering.

Tips membuat abon sapi :

Ketika memasak, daging sebaiknya dibolak-balik agar tidak gosong. Agar abon bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama (awet), maka pastikan abon tersebut benar-benar dalam kondisi yang kering.(chy.rj)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares