Browse By

Cara Membuat Donat Sederhana dan Empuk

Donat Kentang Empuk (foto:resepmasakanonlineku)

Donat Empuk (foto:resepmasakanonlineku)

Donat adalah sebuah makanan ringan berupa kue basah. Bahan baku utama untuk membuat kue donat yaitu adonan tepung, mentega, dan gula. Cara membuat kue donat sederhana yaitu cukup dengan menggorengnya kemudian diberikan bahan tambahan berupa meses, krim lembut, dan lain-lain sebagai hiasan dan perasa tambahan. Bentuk kue donat sendiri yaitu bulat menyerupai cincin (lingkaran) dan sekaligus menjadi ciri khas tersendiri dari makanan ringan ini.

Seiring dengan perkembangan zaman, kue donat banyak mengalami variasi untuk memberikan citarasa lebih. Umumnya, variasi pada kue donat yaitu pada bagian topingnya. Selain itu, banyak juga yang variasinya dilakukan dengan mengisi bagian dalam badan kue donat ataupun dengan mengubah ukurannya mulai dari ukuran mini hingga ukuran normal. Untuk merasakan citarasa khas kue donat, banyak orang yang lebih memilih di toko kue dan bahkan saat ini banyak cafe modern yang menjadikan donat sebagai menu utamanya. Sebenarnya, cara membuat kue donat sangat mudah. Jika bisa membuat sendiri, kenapa tidak dicoba? Dengan membuat sendiri, tentunya kita lebih bisa berkreasi untuk menentukan rasa favorit yang kita inginkan.

banneracai

Selain cara membuat kue donat yang mudah, bahan-bahannya pun sangat mudah didapatkan di toko-toko perlengkapan kue. Disini juga akan dibahas bersama mengenai cara membuat kue donat yang empuk dan lezat sendiri di rumah.

Berikut adalah bahan membuat kue donat :

  • Tepung terigu (500 gr)
  • Susu bubuk full krim (50 gr)
  • Ragi instant (11 gr)
  • Gula halus (100 gr)
  • Mentega (75 gr)
  • Garam (1/2 sdt)
  • Kuning telur (4 butir)
  • Air dingin (100 ml)

Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain untuk toping seperti coklat leleh, gula bubuk, dan lain sebagainya sesuai dengan selera.

Cara membuat kue donat :

  1. Buat adonan dari beberapa bahan yang dijadikan satu yaitu tepung terigu, susu bubuk, ragi instant, dan gula. Campurkan semua bahan tersebut kemudian diaduk perlahan hingga rata.
  2. Setelah adonan tercampur rata, kemudian ditambahkan dengan air dingin dan kuning telur. Lalu uleni adonan tersebut sampai setengah kalis.
  3. Apabila sudah setengah kalis (dapat dikepal), lalu tambahkan lagi dengan garam dan mentega dan uleni kembali sampai kalis. Setelah itu didiamkan selama kurang lebih 15 menit.
  4. Adonan siap untuk dibagi menjadi 12 bagian/bulatan. Setelah terbagi, diamkan selama kurang lebih 20 menit sampai adonan mengembang.
  5. Jika adonan sudah mengembang, berikan lubang pada bagian tengahnya cukup dengan menggunakan jari telunjuk. Lubangi adonan hingga berbentuk menyerupai cincin.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api ukuran sedang. Gorenglah adonan kue donat sampai matang, lalu tiriskan. Indikator adonan sudah matang yaitu akan tampak berwarna kuning keemasan.
  7. Donat pun sudah siap disajikan dengan tambahan toping sesuai dengan selera. Toping bisa menggunakan gula bubuk, susu krim, coklat, dll.
Facebook Comments

2 thoughts on “Cara Membuat Donat Sederhana dan Empuk”

  1. heri says:

    Terimakasih min sudah berbagi informasi cara membuat donat sederhana dan empuk, sangat bermanfaat.

  2. andi says:

    bun itu trigunya harus yg bermerk?,klo curah bagus g y?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares