Browse By

Cara Tepat Membersihkan Kepiting

membersihkan kepiting (foto:nurfajrian)

membersihkan kepiting (foto:nurfajrian)

Saat musim hujan seperti sekarang, memang menu yang paling cocok yaitu hidangan yang berkuah dengan isi seafood akan semakin menggiurkan lidah Anda, misalnya Anda dapat memilih kepiting. Namun, sebelum Anda mengolah ada baiknya jika Anda perhatikan benar dalam memilih kepiting yang segar dan cara membersihkannya.

Berikut tips dalam membersihkan kepiting yang perlu Anda perhatikan :

banneracai

1. Simpan kepiting di atas telenan
Sebelum Anda olah, ada baiknya Anda perhatikan kondisi kepiting. Pastikan kepiting masih dalam keadaan terikat sebelum Anda cuci. Kemudian letakkan kepiting dengan posisi dada menghadap ke atas.

2. Gunakanlah pisau yang tajam
Selain Anda perhatikan kondisi kepiting, Anda juga perlu memperhatikan kondisi pisau yang akan Anda gunakan. Baiknya, pisau sebelum Anda gunakan di asah terlebih dahulu agar lebih tajam sehingga saat digunakan untuk membelah kepiting tidak merasa kesulitan. Jika kepiting yang sudah Anda belah menjadi dua, Anda diperbolehkan untuk membuka ikatan tali yang ada pada bagian dada kepiting.

3. Buang pada bagian batok kepiting
Anda dapat membuang batok yang ada pada kepiting setelah dibelah, kemudian buang insangnya. Setelah itu, Anda lepaskan ujung-ujung jari pada kepiting. Sebab, ujung jari tersebut tidak mengandung daging sehingga percuma jika Anda menyimpannya.

4. Cuci kepiting
Cuci kepiting hingga isi perut kepiting yang bewarna kehijauan hilang dengan menggunakan air mengalir. Sedangkan isi pada bagian kepiting yang bewarna kekuningan merupakan lemak. Jika Anda menyukainya, dapat digunakan. Namun, jika Anda tidak menyukai dapat Anda buang.

5. Pukul Capitnya
Sesudah Anda membersihkan kepiting, Anda dapat melakukan pukulan pada capitan kepiting dengan menggunakan gagang pisau. Tetapi, jangan sampai capitan tersebut retak. Ini bertujuan, agar bumbu dapat meresap hingga daging kepiting dan dapat memudahkan Anda saat menikmati kepiting.

6. Usahakan tidak membuang batok kulit
Perlu Anda ketahui, bahwa bagian-bagian yang menempel pada batok kulit kepiting juga memiliki rasa yang nikmat untuk dimakan. Anda cukup mencucinya dengan menggunakan air mengalir, agar daging yang menempel tidak hilang. (chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares