Browse By

Cara Warga Ambon Menghilangkan Bau Amis Ikan

Menghilangkan Bau Amis Ikan (Foto:ceritabudi)

Menghilangkan Bau Amis Ikan (Foto:ceritabudi)

Sebagian besar orang mungkin lebih memilih cara menghilangkan bau amis pada ikan dengan gunakanlah jeruk nipis. Namun berbeda cara dari mereka warga Ambon, mereka gunakan cuka sebagai bahan penghilang bau amis pada ikan. Di daerah Ambon, untuk pemaikaian buah jeruk biasanya hanya digunakan untuk memasak saja. Gunanya untuk memberikan tambahan rasa asam, karena Menghilangkan bau amis ikan, jeruk nipis kerap diandalkan.

Menurut Wiwi, sebagai pemilik restoran mengatakan, bahwa warga Ambon, menggunakan cuka justu menjadi pilihan yang paling utama. Karena warga Ambon menyukai rasa yang alami. Sedangkan untuk menghilangkan bau amis, warga Ambon biasanya lebih memilih cuka.

banneracai

Cara menggunakannya, ikan dibersihkan terlebih dahulu kemudian beri cuka secukupnya dan diamkan hingga kadar asam pada cuka meresap ke dalam pori-pori ikan. Maka alhasil, bau amis pada ikan dapat diangkat dengan sendirinya dan bau akan hilang secara otomatis. Menurutnya lagi, Jika ikan belum dibersihkan maka bau amis pada ikan masih sulit untuk dihilangkan sebab ikan masih banyak sisik sehingga sulit meresap ke dalam pori-pori.

Baiknya, untuk satu kilogram ikan Anda gunakan dua sendok teh untuk cuka dan diamkan hingaa 20 menit. Dan hindarkan untuk proses yang lebih lama dalam merendam cuka, sebab akan merusak rasa pada ikan. Selain itu, ikan akan menyebabkan lidah Anda gatal. Setelah melakukan perendaman pada cuka, kemudian cuci ikan kembali dengan menggunakan air hangat dan bersihkan menggunakan air garam. Gunanya, air garam dapat menetralisirkan rasa dan aroma yang ada pada ikan setelah diberi cuka.(chy.mt)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares