Browse By

Chiffon Cake Yang Enak Dan lembut

chiffon cake (foto:needmorenoms)

chiffon cake (foto:needmorenoms)

Tahukah Anda, jika chiffon cake memiliki tekstur yang sangat lembut namun berbeda dengan kue bolu sehingga sangat cocok jika Anda sajikan saat teman datang ke rumah dan dalam kesempatan apapun.

Asal mula Chiffon berasal dari bahasa Inggris yang berarti sejanis kain sutera dengan tekstur lembut dan tipis. Chiffon cake merupakan makanan yang berasal dari Negara Barat, Amerika Serikat dan memiliki aneka macam yang bervariasi. Sehingga kue bolu chiffon termasuk jenis atau cake atau kue bolu dengan tekstur lembut, bagaikan sutera dan kapas.

banneracai

Komposisi kue ini terdiri dari, telur, gula, tepung, baking powder, dan berbagai macam perasa. Kue ini berasal dari dua kombinasi, yaitu adonan encer dengan busa foam. Berbeda dengan cake tradisional yang banyak di jual di pasaran. Berikut beberapa kelebihan dari chiffon cake yang perlu Anda tahu, yaitu :

  1. Chiffon cake menggunakan minyak sayur dalam membuatnya sehingga tidak akan tampak keras seperti kue yang menggunakan mentega.
  2. Agar adonan memiliki tekstur yang lembut, baiknya Anda kocok putih telur hingga mengembang kemudian Anda campurkan adonan sebelum dipanggang sehingga Anda akan mendapatkan kue dengan tekstur yang empuk.
  3. Chiffon cake tidak dapat Anda keluarkan langsung dari cetakan saat keadaan masih panas. Chiffon cake dapat Anda keluarkan saat keadaan kue sudah dalam keadaan dingin.
  4. Chiffon cake memiliki kadar lemak yang rendah, berbeda dengan kue yang menggunakan mentega rata-rata memiliki kadar lemak cukup tinggi. Sehingga chiffon cake dapat dikatakan kue sehat.
  5. Sebagai pengganti aroma mentega, biasanya Chiffon cake diberi tambahan rasa coklat ataupun buah-buahan, seperti rasa strowberi, pandan, durian, dan lainnya. Khusus Chiffon pandan dapat Anda tambahkan dengan rasa coklat. Sedangkan bagi Chiffon cake durian dapat Anda tambahkan dengan coklat keeping.

Perlu Anda ketahui, Chiffon cake berasal dari Indonesia ketikan adanya pengaruh saat zaman colonial Belanda, khususnya daerah yang memiliki mayoritas Melayu. Oleh karena itu, Chiffon cake pandan sangat dikenal di Malaysia dan Singapura sehingga menjadi bolu khas daerah Melayu.

Dengan campuran bahan khas Nusantara, Chiffon cake pandan terbuat dari daun pandan atau daun suji sehingga akan menghasilkan warna hijau muda yang alami. Selain itu, Chiffon cake juga akan menghasilkan aroma pandan yang wangi. Sedangkan penggunaan daun suji, Chiffon cake akan menghasilkan warna yang lebih kentara namun tidak memiliki aroma harum. (chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares