Browse By

Di Mal Taman Anggrek, Ada Coklat Candi Borobudur

Coklat Candi Borobudur (Foto:Johan Sompotan)

Coklat Candi Borobudur (Foto:Johan Sompotan)

Saat Cocoa Day Expo 2013 tidak hanya memberikan tampilan beragam coklat saja. Tetapi yang lebih unik dan menarik, di Candi Borobudur bisa Anda temukan candi terbuat dari cokelat. Seseorang yang bernama, Hari Mulyanto adalah seorang pengrajin coklat candi Borobudur. Dirinya termasuk seseorang yang telah menampilkan dari salah satu Keajaiban Dunia saat Cocoa Day Expo pada tahun 2013 tepatnya yang berada di Mall Taman Anggrek.

Hari juga mengatakan bahwa dirinya dalam membuat coklat menggunakan lempengan coklat, bahkan membutuhkan 2.000 batang coklat dan memerlukan waktu hingga 8 hari. Menurutnya, hal yang paling sulit dalam pembuatan coklat yaitu jika coklat cepat dalam keadaan meleleh sehingga coklat harus segera dipotong terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan tepat seperti sketsa candi Borobudur.

banneracai

Dalam penempelan coklat, Hari juga memiliki teknik tersendiri yaitu dia memilih untuk mencairkan coklat bloknya dahulu. Dan untuk mmebuat candi ini, Hari menggunakan coklat yang biasa digunakan orang untuk membuat kue. Jika dirinya menggunakan coklat yang biasa, maka akan sulit coklat menempel.

Coklat berbentuk candi Borobudur ini memiliki panjang hingga 3 meter, sedangkan tinggi 2 meter. Agar coklat yang dibuatnya tidak mudah meleleh, baiknya coklat selalu dalam keadaan suhu 18 derajat celcius. Coklat berbentuk candi ini dipilih, karena merupakan salah satu hasil budaya Indonesia yang sudah mendunia. Walaupun sebelumnya, ada tiga macam budaya yang menjadi pilihan, seperti bondel-ondel, gerbang candi Bentar yang berada di pulau Bali dan terakhir candi Borobudur.

Hari mengakui, bahwa diirnya ingin memberikan tampilan dengan menggunakan symbol religi yang begitu kuat di Indonesia, begitupula dengan budaya yang terdapat di candi Borobudur. (chy.mt)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares