Browse By

Ikan Bakar Colo-Colo! Dengan Porsi Yang Nendang

Ikan Bakar Colo-colo (foto:masaksedap)

Ikan Bakar Colo-colo (foto:masaksedap)

Jika Anda tengah berlibur ke Pulau Ambon, jangan heran jika Anda disajikan dengan aneka makana yang besar, misalnya salah satunya yaitu Ikan Bakar Colo-colo. Ikan bakar ini mengguanakan bahan utama yaitu ikan lema. Tentu Anda baru mendengar dengan nama ikan ini. Ikan ini termasuk ikan kembung, dan tentunya dengan ukuran yang sangat besar. Sehingga menghilangkan rasa lapar Anda dan dijamin Anda akan merasakan puas dengan sajian ikan tersebut.

Untuk menemukan ikan colo-colo, sebenarnya dapat Anda temukan hamper di seluruh kawasan Kota Ambon. Jika Anda ingin merasakan kenikamatan olahan dari ikan ini, bisa Anda temukan di Rumah Makan Sari Murni Blitar tepatnya dijalan Raya Trans Paso, Ambon.

banneracai

Cara membuat ikan colo-colo ini cukup mudah, Anda bisa bersihkan ikan terlebih dahulu hingga bersih, kemudian direndam dengan diberi bumbu khas dari Ambon yaitu bawnag putih, lada, cuka dan kecap campurkan dan aduk hingga rata. Diamkan ikan tersebut beberapa menit, agar bumbu meresap ke dalam ikan.

Menurut Ibu Christina Gunandir, baiknya Anda selalu untuk perhatikan teknik dalam merendam ikan, baiknya jangan gunakan bahan yang memiliki kadar asam. Terutama dua kadar asam dari jenis makanan yang berbeda. Karena kedua kadar asam tersebut dapat merusak tekstur dan rasa yang dimiliki oleh ikan bakar. Jika Anda ingin merasakan dan menikmati rasa asam yang dahsyat, Anda bisa gunakan cuka. Namun, jika Anda ingin merasakan asam yang lebih lembut, Anda bisa gunakan jeruk lemon saja sudah cukup.

Jika ikan sudah Anda rendam beserta bumbunya, saatnya ikan untuk dibakar. Untuk pembakaran, ikan tidak perlu menggunakan mentega ataupun tambahan kecap. Karena kedua bahan tersebut dapat merusak rasa asli pada ikan. Karena ikan tersebut memiliki khas kadar yang manis, dan untuk proses pembakarannya cukup selama 25 menit. Ibu Christina juga menambahkan, bahwa semua ikan yang berasal dari Ambon tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk proses pembakaran. Karena rasa asli dari ikan itu juga cukup enak, ditambah dengan nutrisi yang ada pada ikan tersebut.

Sambil Anda menunggu ikan matang, Anda bisa menyiapkan bumbu colo-colo sebagai pelengkapnya. Caranya : Campurkan beberapa bahan seperti, tomat, kemangi, cabai, garam secukupnya, lemon cina, bawang merah, gula, kecap secukupnya dan beri air secukupnya kemudian aduk hingga rata. Manfaat dari pemakain lemon cina disini yaitu untuk menimbulkan rasa asam secara otomatis. Agar rasa yang ada di dalamnya dapat netral secara sendirinya yang disebabkan oleh lemon cina. Karena asamnya yang dihasilkan dari lemon cina sangat tinggi.

Anda tentu sangat penasaran dengan ikan bakar colo-colo. Perlu Anda tahu, bahwa nama colo-colo itu sendiri diambil dari bahasa Ambon yang artinya diaduk atau proses pencampuran.

Jika Anda melihat ukuran ikan tersebut, dapat dikatakan sangat besar. Belum lagi jika ikan tersebut terdapat telur yang mengandung kadar protein sangat tinggi. Ikan bakar ini dapat Anda sajikan dipiring saji dengan ditemani oleh beberapa potongan sayuran seperti, timun, dan tentunya dengan ditemani sambal colo-colo yang disajikan secara terpisah.
Dan tidak lupa juga untuk menyediakan nasi putih yang hangat sebagai pelengkap hidangan Anda.

Tak perlu kaget ketika Anda sedang menikmati hidangan, karena rasanya sangat membuat Anda puas dan rasanya ingin selalu nambah dan nambah. ikan Indonesia Timur ini memang nomer satu pilihan banyak orang. Dengan aromanya yang terasa manis dan dengan dipadukan berbagai macam rendaman yang seolah-olah membuat Anda untuk tidak ingin berhenti mengunyahnya. Selain itu, daging ikannya yang sangat tebal semakin membuat Anda merasa puas dengan rasa laparnya.

Bagi Anda yang gemar dengan kuliner dan ingin mencoba rasa lezat pada ikan bakar colo-colo ini, cukup dengan harga 45 ribu rupiah Anda sudah mendapatkan ikan dengan ukuran yang besar. Sedangkan untuk ukuran ikan bakar yang kecil, cukup dengan harga 30 ribu rupiah. (chy.mt)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares