Browse By

Ikan Kuah Kuning Asam Lemon, Asamnya Bikin Ketagihan Sis!

Ikan Kuah Kuning Asam Lemon (Foto:okezone)

Ikan Kuah Kuning Asam Lemon (Foto:okezone)

Sudah banyak orang yang tahu, bahwa pulau Ambon sangat dikenal dengan kekayaan bahari Indonesianya. Jika Anda sedang berkunjung di pulau berjuluk The Spice Island tersebut, tentunya Anda wajib untuk mencoba masakan Ikan Kuah Kuning Asam Lemon. Masakan ini berbahan dasar ikan laut yaitu menggunakan ikan kakap merah. Menurut Lusi, penjual ikan kuah kuning tersebut mengatakan Jika memakai ikan kakap merah, tentu mendapatkan tekstur yang lebih saat Anda sedang mengkonsumsinya. Namun, ikan kakap merah tersebut bisa Anda ganti dengan menggunakan ikan kerapu ataupun ikan laut lainnya kecuali ikan tawar. Sebab tekstur yang dimiliki ikan tawar sangat lembut.

Untuk memasak menu masakan ini, Anda tidak perlu repot. Caranya : Siapkan bumbu-bumbu dapur, misalnya bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah. Kemudian semua bahan tersebut Anda haluskan, dan tentu tidak menggunakan cabai merah yang berlebihan. Anda cukup gunakan cabai secukupnya saja atau tujuh buah saja untuk ukuran ikan satu kilo. Jika Anda menggunakan cabai merah terlalu banyak, maka akan merusak aroma kuning dan rasa menurut Lusi.

banneracai

Setelah semua bahan dihaluskan, kemudian Anda panaskan wajan dengan diberi sedikit minya, dan tumis bahan halus tersebut. Baiknya, jangan gunakan minyak yang berlebih, sebab dapat membuat lidah Anda terasa kesat. Masukkan ikan yang sudah Anda bersihkan dan potong-potong sebelumnya di atas minyak yang panas. Kemudian aduk hingga rata dengan bahan yang ditumis kemudian beri jeruk lemon cui dan kemangi. Masak ikan tersebut hingga matang dengan diberi garam dan gula secukupnya saja.

Untuk membuat rasa asamnya, berikan cuka agar rasanya lebih getir di lidah Anda. Namun jika Anda menggunakan belimbing wuluh, rasa asam yang dimiliki kurang terasa. Kemudian sajikan ikan kuah kuning dan dijamin lidah Anda akan merasa ketagihan. (chy.mt)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares