Browse By

Inilah 3 Penyebab Asap Mengepul Saat Memasak

Seringkali saat Anda memasak mengalami masalah, misalnya dengan munculnya asap sehingga mengepul, dan mengakibatkan semua orang di dalam rumah ataupun tetangga ikutan terganggu. Apakah yang menjadi penyebab dari masalah ini?

Asap mengepul saat memasak (Foto:plasa)

Asap mengepul saat memasak (Foto:plasa)

Menurut Andrey Moreez seperti yang dilansir okezone, sebagai Exsekutif Chef Swiss Bellhotel Harbour Bay Batam, jika seringkali banyak dari sebagian orang selalu bermasalah dengan asap, salah satu contoh dengan munculnya asap yang keluar pada wadah yang Anda gunakan atau minyak yang belum panas.

banneracai

Andrey juga mengatakan, pada dasarnya kunci dalam memasak itu harus panas. Misalnya, dengan wadah yang Anda gunakan untuk memasak baiknya panaskan terlebih dahulu kemudian baru Anda masukkan minyak gorengnya.

Berikut beberapa penyebab Asap Mengepul saat memasak :

  1. Bertemunya titik tolak minyak dengan bahan yang akan Anda gunakan.
  2. Penggunaan bahan makanan yang akan dimasak dengan jarak waktu untuk memulai masak cukup lama. Dengan begitu, bumbu yang akan Anda masak, saat pertama kali dimasukkan akan terbakar sehingga mengakibatkan aroma yang keluar pada bumbu berubah menjadi kepulan asap. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda segera memasukkan bahan lainnya usai memasukkan bumbu tumis, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe.
  3. Penggunaan wadah yang akan dipakai untuk memasak. Seringkali orang kurang memperhatikan wadah yang akan digunakan untuk memasak. Misalnya pada wajan atau teflon. Kedua alat tersebut memiliki batas tahan terhadap masakan yang berbeda. Jika Anda kurang memperhatikan pada bagian bawah elemen kedua alat masak tersebut, maka akan mengakibatkan aroma yang keluar pada makanan tidak kuat. Dengan begitu, secara otomatis makanan yang dimasak langsung akan bersentuhan dengan api. Dan sebaiknya untuk menghindari gumapalan asap, Anda gunakan wadah masak yang terbuat dari bahan titanium. Sebab bahan ini akan menghasilkan makanan yang yang lebih baik. Selain itu, proses akan lebih cepat dan dapat mempertahankan panas sehingga tidak menimbulkan asap mengepul.(chy)
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares