Browse By

Inilah Tips Memilih Ikan Segar

Ikan Segar (foto:flexmedia)

Ikan Segar (foto:flexmedia)

Saat Anda membeli ikan, seringkali dibuat bingung dengan kesegarannya. Anda tentu sudah tahu, jika tak heran banyak pedagang yang berbuat nakal kepada pelanggannya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda perhatikan beberapa hal mengenai kesegaran ikan ataupun seafood melalui fisik.

Seringkali Anda mendengar pepeatah yang mengatakan, bahwa kecantikan tidak hanya tampak pada kulit luar saja. Namun, Anda juga tidak perlu mengelak jika kenyataan sebagian orang bila bertemu dengan seseorang maka yang menjadi pusat perhatian paling utama yaitu keindahan luar. Seperti, kulit, mata, aroma tubuh, bahkan keseluruhan penampilan secara fisik. Intinya, sebagian orang hanya menampilkan diri ke dunia luar saja.

banneracai

Pernyataan diatas tadi, tentu tidak berbeda dengan apa yang terjadi di pasar ikan. Anda perlu mengenali kesegaran bahan makanan laut melalui penampilan fisik. Sedangkan secara khusus, Anda juga perlu pastikan pada bagian mata dan bagian kulit. Selain itu, dengan sentuhan kulit juga dapat memerikan Anda petunjuk yang sangat penting mengenai pilihan yang cukup tepat.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kesegaran ikan :

1. Mata
Hal yang pertama Anda perhatikan yaitu pada bagian mata ikan. Sebab, mata bagaikan jendela pada kesegaran ikan. Anda harus dapat membedakan mata ikan yang segar dan tidak segar. Ikan yang segar, memiliki mata melotot. Sedangkan ikan yang memiliki mata cekung menandakan ikan mengalami dehidrasi, berarti ikan lebih banyak menghabiskan waktu die s daripada di air sebelum Anda membelinya. Ikan yang memiliki selaput mata tebal, menandakan ikan tersebut sudah tidak layak untuk dimakan.

2. Aroma
Ikan yang memiliki aroma amis tajam, tentu akan merusak hidangan Anda. Pastinya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi. Sebelum Anda memberli ikan, ada baiknya Anda mencium aroma ikan yang akan dibeli. Jika ikan tersebut memiliki aroma amis yang cukup tajam dan tidak sedap baiknya tidak usah dibeli. Ikan yang segar, tentu memiliki aroma segar dan berbau air laut sehingga tercium aroma asin.

3. Kulit
Pastikan saat Anda melihat warna pada kulit ikan tampak kemilau dan sehat. Namun, jika warna kuit ikan sudah tampak tidak segar tentu akan menjadikan ikan terlihat tidak menarik.

Anda juga dapat melihat dari segi tubuh ikan. Caranya, tekan ikan pada bagian tubuh. Jika tubuh ikan tampak balik lagi saat usai ditekan menandakan ikan masih segar. Namun, jika tubuh ikan tampak sebaliknya dan tidak kembali seperti semula saat usai ditekan baiknya tidak usah dibeli.

4. Seafood hidup
Bagi Anda yang akan membeli seafood dalam keadaah hidup, baiknya pilih seafood yang memiliki gerakan yang lincah. Tentunya Anda tidak menginginkan seafood yang mati saat membeli, sebab ada kemungkinan jika seafood yang tidak bernyawa lagi sudah dalam keadaan berminggu-minggu sehingga saat diolah akan menghasilkan hidangan yang tidak menarik lagi.

5. Insang
Selain melihat pada bagian luar, Anda juga perlu perhatikan pada bagian dalam seperti insang. Ikan yang segar memiliki insang bewarna merah hati, sedangkan ikan yang sudah tidak segar memiliki warna kecoklatan.(chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares