Browse By

Jangan Gunakan Air Dispenser Saat Membuat Kopi Bubuk

kopi nikmat (Foto:manfaatkopi)

kopi nikmat (Foto:manfaatkopi)

Sebagian besar orang memilih air dispenser daripada merebus air langsung dari kompor untuk membuat berbagai minuman, misalnya kopi. Tujuannya sangat sederhana, yaitu supaya lebih praktis dan cepat. Tahukah Anda, jika air dispenser dapat merusak kopi Anda menjadi hancur?

Menurut Toni Wahid, seorang praktisi kopi di Indonesia, mengapa air dispenser dapat merusak kopi yang Anda buat? Karena, air di dalam dispenser dapat merusak aroma dan rasa yang dimiliki oleh kopi. Sehingga semua elemen yang ada pada kopi menjadi hancur bahkan membuat kopi Anda menjadi tidak nikmat lagi.

banneracai

Pada dasarnya, kopi termasuk minuman yang sensitif. Artinya, saat membuat kopi yang dibutuhkan hanyalah air panas yang sesuai yaitu suhu panas 93 derajat celcius sehingga otomatis kopi akan mengeluarkan flavour. Sedangkan air di dalam dispenser sangat berbeda, bahkan tidak sesuai dengan jenis karakter kopi.

Air dispenser tentu tidak akan menghasilkan kopi ekstrak yang baik, sehingga bubuk kopi semakin lama semakin banyak yang naik pada permukaan cangkir ataupun gelas yaitu berupa ampas. Karena, suhu air panas dispenser tidak bekerja secara maksimal sehingga kopi bubuk tidak matang dengan baik dan membuat aroma dan rasa menjadi kurang enak.

Facebook Comments

One thought on “Jangan Gunakan Air Dispenser Saat Membuat Kopi Bubuk”

  1. Anonymous says:

    Apa peebandingan temperartur

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares