Browse By

Kuih Dongkal Yang Hampir Pupus

Kue dongkal (Foto:wikipedia)

Kue dongkal (Foto:wikipedia)

Kue dongkal tentu banyak dikenal masyarakaty Betawi khususnya. Makanan ini termasuk salah satu jenis kue tradisional Indonesia dan dapat dikatakan jajanan pasar. Sayangnya, jajan pasar ini sudah jarang Anda temui. Pasalnya, makanan ini sudah dapat dikatakan hampir punah. Makanan ini tidak hanya Anda temukan di Betawi saja. Melainkan di Jawa Barat juga Anda dapat temukan kue dongkal ini yang dikenal dengan nama awug.

Jika dahulu kala Anda dengan mudah menemukan jajan pasar ini di kota Depok, tepatnya di Jalan Raya Cipayung, Jembatan Serong, Kecamatan Cipayung atau sekitar wilayah Sawangan, sekarang Anda mungkin akan merasa kesulitan. Meskipun, sebagian masyarakat Depok berasal dari suku Betawi namun tidak menjamin jajan pasar ini dapat dengan mudah Anda temukan.

banneracai

Kue yang terbuat dari bahan utama beras yang telah ditumbuk halus sampai menghasilkan tepung. Setelah itu, masukkan gula aren dan kukus. Ciri khas kue dongkal yaitu sajiannya yang menggunakan daun pisang dan ditabur dengan parutan kelapa. Menurut Agus, salah satu penjual kue dongkal awal mulanya kue ini terbuat dari bahan singkong. Namun, entah kenapa orang lebih merasa praktis jika menggunakan tepung beras. Dan biasanya orang membuat kue ini saat hajatan atau selametan usai membangun rumah. Selain itu, makanan ini juga menjadi salah satu makanan pokok sehari-hari berdarsarkan program Depok One Day No Rice, sehingga sebagian besar para pegawai membeli makanan yang berupa singkong atau sebagainya.

Agus juga mengatakan, kue dongkal ini memiliki bentuk yang cukup unik. Dengan berbentuk kerucut seperti tumpeng dan memiliki rasa khas gurih dan pulen daripada kue putu. Dengan menggunakan kain saat akan dikukus kemudian dicampurkan dengan sagu. Setelah itu masukkan adonan ke dalam kukusan dan selang seling dengan padukan gula aren dan diberi garam sedikit. Lebih enak lagi jika dinikmati saat panas.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares