Browse By

Lima Menu Sehat Makanan Saat Berbuka Puasa

Makanan Sehat Berbuka Puasa

Bulan puasa tentunya menjadi tantangan tersendiri buat Anda, karena pada bulan puasa Anda dituntut untuk menjalankan ibadah puasa selama 30 hari lamanya. Anda harus menahan rasa`lapar selama seharian penuh, tentunya disaat berbuka puasa Anda ingin menikmati berbagai hidangan yang sangat lezat sehingga menambah nafsu selera`Anda, namun menu sehat adalah pilihan wajib.

Namun telah banyak orang yang telah lupa untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat bagi Anda. Jika Anda selama seharian berpuasa, kemudian Anda berbuka dengan makanan yang sesuai selera namun tidak menyehatkan dan bergizi, maka akan membuat kondisi tubuh Anda semakin menurun.

banneracai

Jika Anda selama berpuasa tidak mengkonsumsi makanan yang dapat membantu kesehatan kondisi tubuh Anda, maka Anda akan terserang beberapa penyakit seperti maag, kurangnya vitamin dan seringnya sakit kepala. Baiknya Anda selama bulan puasa, dianjurkan untuk selalu mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Kami memiliki beberapa Menu Sehat yang perlu Anda konsumsi dan dapat Anda kombinasikan juga dengan makanan favorit Anda di saat berbuka puasa Perhatikan tulisan dibawah:

Pertama, Beras Merah
Apakah Anda pernah mencoba untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah? Banyak sekali manfaatnya, salah satunya yaitu dapat mengontrol kadar gula. Oleh karena itu Anda akan merasakan kenyang dibandingkan Anda mengkonsumsi nasi putih. Hal tersebut disebabkan nasi merah yang memiliki serat tinggi dan kadar gula lebih rendah sehingga baik jika dikinsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Kedua, Sayuran berdaun hijau
Tubuh Anda sangat membutuhkan vitamin dan serat yang banyak, agar organ tubuh Anda bekerja keras untuk mencerna makanan setelah sehari penuh Anda berpuasa. Dan itu semua akan Anda dapatkan di dalam sayuran yang bewarna hijau. Banyak cara untuk memasak sayuran hijau. Anda dapat memasak dengan cara ditumis ataupun di sayur bening. Ingat, Anda tidak perlu memasak sayuran terlalu matang atau layu, karena kandungan yang ada di dalam sayuran itu hilang.

Ketiga, Oat
Jika Anda sudah mengkonsumsi nasi merah, jangan pernah Anda lupakan untuk mengkonsumsi karbohidrat di saat berbuka. Anda cukup membuat oat yang sudah dicampur dengan potongan buah sehingga mudah dicerna dan memiliki daya serat yang tinggi.

Keempat, Buah-buahan
Anda tidak perlu menyantap buah-buahan yang berlebih, cukup Anda menyantap sepotong melon atau satu buah jeruk, atau Anda juga bisa menyantap buah papaya disaat bebrbuka puasa. Dengan kaya vitamin, maka akan membuat tubuh Anda menjadi segar kembali sehingga dapat menyesuaikan diri seperti sebelum Anda mengkonsumsi makanan utama.

Kelima, Kacang-Kacangan
Sayuran yang kaya akan protein sudah dikenal didalam sayuran kacang-kacangan. Sayuran ini baiknya dikonsumsi saat berbuka puasa, misalnya Anda jadikan sayur asem, sayur bayam, atau tumis kacang-kacangan. Dengan mengkonsumsi sayuran tersebut, maka tubuh Anda akan mendapatkan sumber protein yang mudah dicerna sehingga membuat tubuh Anda tidak kaget saat mengkonsumsi buka puasa.

Selama bulan puasa menjaga kesehatan, bisa Anda mulai dengan cara yang sederhana. Dan Anda akan dapatkan dari beberapa macam makanan diatas.(chy.mt)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares