Browse By

Lumpia Durian Akan Menggigit Lidah Anda!

Lumpia Durian (Foto:indonesiarayanews)

Lumpia Durian (Foto:indonesiarayanews)

Sebelumnya, salam kenal ya chef. Nama saya Martin Muhammad (30), dari Yogyakarta. Sangat kebetulan sekali saya dan suami penggemar berat buah durian. Dan seringkali saya ingin mencoba menyajikan buah kesukaan kami dengan menu yang berbeda. Adakah cara membuat menu lain dengan berbahan durian? Terima Kasih Sebelumnya.

Jawab:
Tak heran jika buah durian memang sangat banyak penggemarnya, namun tidak pula juga yang sedikit tidak menyukai buah yang memiliki aroma tajam ini. Jika Anda dan keluarga merupakan salah satu pecinta buah durian, maka Anda bisa membuat menu lain seperti lumpia durian. Makanan ini tentu sangat cocok jika Anda sajikan untuk suami tercinta. Selain memiliki rasa yang nikmat, menu ini juga dapat menghilangkan rasa bosan dengan menu makanan yang Anda buat setiap harinya.

banneracai

Dalam proses pembuatan makanan ini, Anda tidak perlu membutuhkan bahan yang banyak. Bahkan Anda juga bisa gunakana bahan siap saji. Berikut cara membuatnya :

Bahan Patry Cream: Susu cair, kuning telur, gula pasir, dan tepung maizena.

Cara Membuat Lumpia Durian :

  1. Didihkan susu cair hingga mendidih, kemudian masukkan kuning telur, gula pasir secukupnya, dan tepung maizena. Aduk terus hingga semua rata dan mengental seperti isi kue sus.
  2. Gunakan buah durian yang memiliki aroma kuat dan segar. Jika Anda ingin menggunakan durian local, Anda bisa gunakan durian serang ataupun durian medan. Selain itu, Anda bisa gunakan durian monthong. Baiknya pilih durian yang tua dan kulitnya tebal.
  3. Setelah membuat pastry cream, langkah selanjutnya Anda masukkan adonan ke dalam kulit lumpia beserta buah durian. Pastry cream disini dapat meminimalisasikan biaya dalam pembuatan lumpia durian. Jika Anda menggunakan buah durian saja, tentu biaya yang akan Anda keluarkan jauh lebih mahal, namun semua kembali pada selera masing-masing.
  4. Dan terakhir, panaskan minyak kemudian goreng kulit lumpia yang sudah Anda isi adonan hingga berubah warna dan kering renyah. unakan suhu api yang cukup besar, hingga minyak benar-benar panas kemudian masukkan lumpia. Sebaiknya, usakan minya agar benar-benar panas, sebab lumpia akan rusak jika minyak yang Anda gunakan tidak panas. Anda cukup membutuhkan waktu yang tidak lama untuk menggoreng, sebab yang Anda butuhkan hanya mengeringkan kulit lumpia. Sedangkan untuk bagian dalam sudah Anda olah, sehingga cukup matang untuk digunakan.
  5. Sajikan dengan keadaan panas, agar rasa renyah pada kulit lumpia lebih terjaga. Untuk menambah rasa nikmat lumpia durian ini, Anda bisa celupkan lumpia durian dengan menggunakan saus. Biasanya orang lebih banyak menggunakan saus rasa coklat. Cukup mencairkan coklat batangan dengan kekentalan yang pas sehingga pas juga digunakan sebagai teman lumpia durian ini. Selain itu, Anda bisa menyajikan menu ini bersama dengan es krim favorit kesukaan keluarga Anda. Sebagai pilihan saus, ada banyak macam rasa saus yang bisa Anda gunakan. Misalnya rasa mangga, strawberry, blueberry, vanilla dan lainnya yang bisa Anda jumpai di swalayan ataupun pasar. (chy.mt)
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares