Browse By

Menghindari Muncratan Minyak Saat Masak ala Sisca Soewitomo

Terkadang memang menyebalkan jika kita terkena cipratan minyak saat memasak ikan. Untuk mengatasi masalah ini, ada solusi yang perlu Anda ketahui. Menurut Sisca Soewitomo sebagai praktisi kuliner Indonesia, jika ada penyebab yang menimbulkan minyak yang Anda gunakan untuk menggoreng ikan muncrat kemana-mana. Jika minyak dalam keadaan suhu yang tinggi, maka minyak akan semakin bereaksi bila terkena oleh air.

Sisca Soewitomo (foto:fikrilosophy)

Sisca Soewitomo (foto:fikrilosophy)

Selain itu, Sisca Soewitomo juga mengatakan jika salah satu penyebab minyak muncrat yaitu dengan adanya bahan makanan yang mengandung cairan sehingga menimbulkan percikan. Perlu Anda ketahui, jika ikan banyak mengandung kadar air yang cukup besar sehingga menimbulkan muncratan. Dengan adanya perbedaan temperatur kadar air yang berbeda di dalam bahan makanan, maka minyak akan muncrat. Untuk mengatasi maslah ini sebenarnya cukup mudah, sehingga Anda tidak perlu takut dan khawatir lagi jika ingin memasak ikan.

banneracai

Berikut beberapa cara bagaimana cara menghindari muncratan minyak ketika Anda memasak ikan :

1. Beri sedikit tepung pada ikan
Fungsi dari tepung yaitu menyerap kadar air yang berlebih, yang ada pada ikan sehingga dapat menghindari cipratan pada minyak. Caranya, ikan yang sudah Anda rendam dengan bumbu kemudian celupkan ke dalam tepung. Selain menghindari cipratan minyak, pemberian tepung juga akan memberikan rasa yang berbeda. Tepung yang baik digunakan yaitu tepung maizena, sebab tepung ini memiliki daya serap yang lebih tinggi dibandingkan dengan tepung lainnya.

2. Beri Penutup
Cara kedua ini juga dapat membantu Anda menghindari cipratan minyak. Saat Anda masak, Anda bisa gunakan penutup agar minyak tidah muncrat kemana-mana.

3. Menggunakan daun pisang
Cara ketiga ini sebenarnya lebih pantas jika Anda gunakan untuk menghindari lengket pada wajan yang Anda gunakan. Selain itu, daun pisang juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk menyerap panasnya minyak. Dengan adanya aroma yang tajam pada daun pisang, maka suhu panas pada minyak akan diserap oleh daun pisang, sehingga cipratan minyak akan hilang begitu saja.(chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares