Browse By

Penyebab Udang Anda Terasa Tidak Maknyus

udang segar (Foto:superindo)

udang segar (Foto:superindo)

Tentunya Anda sudah tahu, jika udang memiliki rasa yang manis dan sangat cepat jika diolah. Biarpun udang cepat matang, bukan berarti Anda tidak akan merusak rasa lezat pada udang. Dalam memilih udang, membersihkan udang, dan dalam persiapan dalam pengolahan udang, tentu sangat berpengaruh dari hasil akhirnya. Ada beberapa kesalahan yang dapat mempengaruhi olahan udang Anda sehingga menghasilkan rasa yang kurang begitu lezat, diantaranya :

Pertama, Anda menggunakan udang yang sudah melewati masa kesegarannya
Perlu Anda ketahui, bahwa udang yang segar sangat mudah rusak. Baiknya, udang yang Anda beli segera dimasak maksimal dalam waktu 24 jam dimullai sejak beli. Apabila Anda membeli udang yang segar, dan dengan jarak lokasi budidaya yang cukup jauh, baiknya udang tersebut Anda bekukan dan masih dalam keadaan cangkang ada. Namun, jika udang yang Anda beli sudah berbau busuk, sebaiknya segera dibuang.

banneracai

Kedua, Mencairkan udang beku sebelum dimasak
Hal yang terburuk yaitu, jika Anda langsung memasak udang dalam keadaan beku, misalnya langsung digunakan untuk menumis ataupun memanggangnya. Cara seperti ini sangat tidak dianjurkan sekali. Baiknya, udang yang akan Anda gunakan untuk memasak cairkan udang terlebih dahulu dengan cara menyimpan udang di dalam mangkuk dan simpan di wastafel. Biarkan air wastafel mengalir secara terus menerus hingga udang tersebut hilang dari bakuannya. Cukup membutuhkan waktu yang singkat untuk membuat udang mencair.

Ketiga, Bersihkan udang menggunakan pisau tumpul
Jika Anda menggunakan pisau tumpul untuk membersihkan udang, maka akan membuat udang menjadi lembek da hancur. Baiknya gunakan gunting dapur yang tajam untuk membantu Anda salam melepaskan cangkangnya, maka kulit udang yang sangat lembut tidak akan hancur. Ingat, sebelum Anda gunakan udang untuk memasak, baiknya bagian kotor kepala dibersihkan terlebih dahulu.

Keempat, Tidak menyimpan cangkang atau kepala
Ibarat peti dalam karun, itulah yang istilah seperti kepala udang dan cangkangnya. Itulah alasan setiap orang mengapa rasa udang akan lebih nikmat bersama kulitnya jika dimasak. Anda dapat menyimpan kepala dan cangkang udang di dalam freezer, kemudian manfaatkan untuk tambahan rasa misalnya tumis kangkung. Dengan diberi sedikit mentega, maka rasa pada masakan akan semakin lezat. Jika Anda ingin membuat mentega udang, baiknya rebus dengan bumbu dan garam secukupnya dan masukkan sayuran. (chy.mt)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares