Browse By

Rahsia Nikmatnya Bakmi Jawa dari Indonesia

Bakmi Jawa (foto: turanggaevent)

Bakmi Jawa (foto: turanggaevent)

Anda tentu sudah tahu jika Yogyakarta dikenal dengan kota pelajar. Dengan banyaknya pelajar, kota Istimewa ini memiliki berbagai menu yang banyak digemari orang, salah satunya yaitu Bakmi Jawa. Dimulai dari para pelajar hingga orang tua, menu ini selalu membuat orang ketagihan secara turun menurun sejak dahulu kala. Yuk kita simak rahasia nikmatnya Bakmi Jawa Yogyakarta yang telah diwariskan dari jaman dahulu kala.

Menurut Asro Saputra, salah satu Juru masak Bakmi Jawa Tjap Gerobak Si Mbah bahwa proses pembuatan Bakmi Jawa sejak jaman nenek moyang hingga saat ini masih menggunakan alat tradisional, seperti penggunaan arang sehingga membuat Bakmi terasa lebih nikmat.

banneracai

Selain itu, Bakmi Jawa tidak menggunakan banyak bahan. Cukup dengan menggunakan bahan kemiri, dan bawang putih. Namun, tidak ketinggalan kaldu ayam kampung yang sudah direbus hingga matang dengan beberapa bumbu rahasia. Berikut cara membuat Bakmi Jawa ala Asro.

  1. Tuangkan telur di atas minyak panas, kemudian masukkan racikan bumbu bawang putih.
  2. Kemudian beri sedikit garam dan bumbu penyedap sebagai pelengkap rasa.
  3. Masukkan sayuran, seperti kol, dan sawi.
  4. Masukkan kaldu ayam kampung.
  5. Dan, terakhir masukkan mi dan potongan ayam, Beri sedikit kecap diamkan hingga 5-7 menit,Sajikan dengan garnis seledri dan bawang goreng.

Arso juga mengatakan, jika mi dibuatnya sendiri tanpa menggunakan bahan pengawet. Bahkan, mi harus dibuang dalam waktu sehari jika tidak habis. Diakuinya, mi dibuat cukup dengan menggunakan tepung terigu, soda kue, dan telur.

Pada intinya, Bakmi Jawa terasa lebih enak karena penggunaan bawang putih dan kaldu ayam kampung.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares