Browse By

Tiga Cara Membuktikan Madu Yang Asli

Gambar Madu Asli

Gambar Madu Asli

Banyak orang yang tahu akan manfaat dari madu. Misalnya orang lebih tahu jika madu adalah bahan makanan yang sangat menyehatkan bagi tubuh Anda. Namun madu akan berkhasiat jika Anda mengkinsumsinya secara rutin. Beda halnya jika Anda telah mendapatkan madu yang palsu, maka tidak akan mendapatkan khasiat apapun dari madu tersebut.

Madu yang palsu atau tidak murni biasanya telah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat sekitar. Dengan kemasan yang serupa dengan aslinya, namun sebaiknya Anda harus tetap selalu berhati-hati. Banyak madu yang telah terpajang di pusat perbelanjaan, tetapi masih sangat sulit sekali untuk dapat menentukan bagaimana cara mendapatkan madu yang murni dan asli. Semua madu yang terpajang terlihat sama, oleh karena itu Anda perlu juga untuk membuktikan keasliannya.

banneracai

Ternyata, masih banyak juga diantara beberapa orang yang masih tidak peduli untuk melihat label produk makanan sebelum membeli. Dan alhasil, banyak orang yang telah kecewa karena telah mendapatkan sesuatu yang dibeli tidak sesuai dengan yang mereka inginkan. Oleh karena itu, baiknya Anda teliti sebelum membeli madu.

Ada beberapa tips bagaimana untuk Anda sebelum membeli madu, diantaranya yaitu : Baiknya Anda baca merek dan komposisi terlebih dahulu dari bahan tersebut. Namun bagi perusaan baiknya untuk mencantumkan komposisi dari setiap bahan pada kemasan produk mereka masing-masing. Jika madu tersebut tidak mengandung zat tambahan atau adiktif, artinya madu tersebut asli.

Jika madu tersebut tampak madu asli dari klaim yang ada pada label, ada baiknya juga Anda untuk melakukan tes keasliannya. Untuk mengetahui keaslian pada madu, perlu memiliki beberapa cara yang sederhana, yaitu :

Tes pertama
Anda siapkan segelas air dan satu sendok makan untuk madu. Kemudian Anda masukkan madu ke dalam air, maka akan terlihat tanda-tanda dari madu tersebut. Jika madu yang tidak murni akan terlihat karut dalam air, karena adiktif yang paling umum untuk madu biasanya menggunakan sirup ataupun gula merah sehingga larut dalam air. Namun sebaliknya, jika madu tersebut tenggelam dan bersatu ke bagian bawah gelas, artinya madu tersebut asli dan murni.

Selain cara ini, ada cara lain untuk menguji keaslian pada madu. Misalnya dengan mencampurkan madu dan spirtus alcohol (alcohol denaturasi) dengan ukuran masing-masing satu sendok makan. Jika campuran tersebut berubah warna menjadi seperti susu, maka madu tersebut dinyatakan palsu. Namun jika campuran tersebut mengendap ke bawah, maka dinyatakan asli.

Tes kedua
Cara kedua, Anda bisa menggunakan korek api, lilin bersumbu dan madu. Baiknya Anda gunakan cara ini jika Anda tidak memiliki banyak madu. Anda bisa celupkan sumbu lilin ke dalam madu secukupnya dan kibaskan untuk kelebihan cairannya kemudian nyalakan sumbu lilin tersebut. Jika sumbu lilin tersebut terbakar, artinya madu tersebut murni, jika sumbu tersebut terbakar dan hanya tersisa sedikit madu artinya madu tersebut tetap dinyatakan murni.

Tes ketiga
Cara terakhir yaitu, tuangkan beberapa tetes madu pada blotting paper kemudia Anda perhatikan. Apakah madu yang Anda teteskan tersebut akan meresap pada kertas? Jika iya, artinya madu tersebut tidak murni. Namun jika Anda memiliki blotting paper, kemudian beri sedikit madu diatas kain putih dan cucilah kain tersebut. Jika madu meninggalkan noda pada kain, berarti dinyatakan tidak murni juga. Namun sebaliknya, jika madu tidak meninggalkan noda pada kain maka artinya madu tersebut asli dan murni. (chy.mt)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares