Browse By

Tips Agar Buah & Sayur Bertahan Lama!

Biasanya usai membeli buah, orang lebih memilih menyimpan langsung di kulkas. Namun, ada sebagian buah yang memiliki daya tahan kurang kuat. Dan hasilnya, buah dan sayuran yang Anda simpan menjadi busuk kemudian Anda memilih untuk membuangnya. Kebanyakan orang memilih untuk menyimpan di dalam kulkas agar sayuran dan buah-buahan selalu tampak segar.

Buah dan Sayuran Segar (foto:tipskesehatan)

Buah dan Sayuran Segar (foto:tipskesehatan)

Berikut tips yang harus Anda perhatikan agar buah dan sayur bertahan cukup lama :

banneracai

1. Pembekuan
Sebagian orang tampaknya kurang memperhatikan bagaimana cara mempertahan gizi yang ada pada sayuran yang ada di dalam kulkas. Misalnya, untuk mempertahankan gizi yang ada pada sayuran brokoli dan kacang-kacangan yaitu cukup dengan memasukkan sayuran ke dalam air kemudian didihkan selama beberapa menit. Setelah itu, Anda bisa siram dengan menggunakan air dingin agar proses pematangan berhenti. Tiriskan, dan keringkan kemudian masukkan ke dalam kantong plastik khusus untuk makanan.

Cara seperti ini, bisa Anda gunakan untuk menyimpan buah pir dan apel. Namun khusus untuk buah ini, sebaiknya dikupas terlebih dahulu kemudian potong sesuai dengan selera dan simpan di dalam kantong plastik khusus makanan sebelum Anda simpan di dalam freezer.

2. Pengawetan
Jika Anda ingin menjaga adas, bawang, terong, dan paprika agar lebih tahan lama, cara ini dapat menjadi pilihan terbaik Anda. Caranya, Siapkan panci yang berisi air, kemudian campurkan cuka sedikit, garam secukupnya. Kemudian Anda potong sayuran menjadi beberapa bagian kemudian Anda simpan di dalam panci yang tadi dan didihkan. Jika sudah cukup mendidih, Anda tiriskan dan masukkan ke dalam sebuah wadah atau toples kaca dan berikan minyak zaitun, bawang putih, cabe cincang dan tutup dengan rapat. Dengan cara ini, sayuran akan bertahan dengan cukup lama, kurang lebih tiga bulan.

3. Boks
Selain Anda simpan di dalam kantongplastik, Anda juga bisa gunakan boks atau wadah kedap udara untuk menyimpan sayuran dan buah-buahan sehingga menjadikan buah dan sayur bertahan lebih lama.

4. Pengeringan
Khusus cara pengeringan ini, baiknya Anda gunakan untuk bawang-bawangan. Anda bisa menyimpan bawang di tempat yang kering, misalnya di kantong plastik kemudian Anda gantung agar bawangtidak lembab dan menjadi basah. (chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares