Browse By

Tips Dan Cara Membersihkan Sayuran

Membersihkan Sayuran (foto:arsipanberita)

Membersihkan Sayuran (foto:arsipanberita)

Terkadang sayuran yang Anda beli, baik di swalayan ataupun di pasar tradisional masih tampak kotor meskipun sudah membersihkan berkali-kali. Demi kesehatan tubuh Anda dan keluarga, sayuran menjadi kontribusi terpenting. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk dapat mencucinya dengan benar sehingga kesehatan keluarga tetap terjaga. Berikut beberapa tips dalam mencuci sayuran dengan benar sebelum Anda makan.

1. Perhatikan kondisi dapur
Pertama, Anda harus pastikan kondisi dapur Anda terlebih dahulu dan peralatan dapur lainnya, seperti sendok, garpu, kulkas, dan meja dapur harus dalam kondisi benar-benar bersih. Karena, sayuran setelah Anda cuci tentu akan disimpan. Oleh sebab itu, pastikan semua dalam kondisi bersih agar sayuran selalu dalam keadaan bersih.

banneracai

2. Saatnya mencuci
Sayuran baiknya Anda cuci bersih terlebih dahulu sebelum Anda gunakan untuk memasak. Baik itu dalam kondisi kemasan, ataupun dalam kondisi terbuka. Gunakan air yang mengalir bersih untuk membersihkan sayuran. Dengan begitu, sayuran akan terhindar dari bakteri dan kuman.

3. Bersihkan pada bagian hijau sayuran
Sebagian besar sayuran yang bewarna hijau cenderung dengan banyaknya kotoran. Oleh sebab itu, cucilah sayuran dengan bersih dengan menggunakan air bersih. Khusus pada bagian daun Anda potong terlebih dahulu, kemudian rendam menggunakan air dingin sehingga kotoran akan tumpah dan sayuran menjadi bersih dan lebih segar.

4. Bersihkan akar sayuran
Selain pada bagian daun yang Anda bersihkan, bagian akar juga perlu Anda bersihkan. Misalnya, pada sayuran kentang ataupun lobak yang identik dengan sayuran berakar. Untuk membersihkan sayuran jenis ini, Anda dapat gunakan kuas sebagai alat untuk membersihkannya sehingga kotoran yang tidak nampak akan hilang. Dan pastikan Anda untuk tidak menggunakan semprotan komersial yang dapat membahayakan sayuran, cukup menjaga kondisi tangan Anda selalu dalam keadaan bersih saat memasak sayuran. (chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares