Browse By

Tips dan Cara Membuat Semur Kambing Terasa Lezat

Semur Kambing (Foto:bango)

Semur Kambing (Foto:bango)

Olahan khas Nusantara dengan ciri berkuah manis dan banyak mengandung rempah-rempah yaitu salah satunya semur kambing. Setiap daerah tentu tahu makanan semur, dengan rasa yang hampir sama namun beda cara mengolahnya.

Jika Anda ingin mengolah masakan semur, baiknya pilihlah daging kambing yang bagus, agar dalam proses pengolahan dan penyajian benar-benar membuat Anda puas akan rasa yang dimilikinya. Dari Koleksi Resep Semur Karya Bango Cita Rasa Nusantara memiliki tips bagaimana cara memasak semur dengan baik, yaitu :

banneracai

Pertama, Daging untuk semur
Perhatikan daging kambing yang akan Anda olah, terutama dari teksturnya yang keras seperti sengkel. Tujuannya, agar daging saat dimasak dengan kurun waktu yang lama tidak hancur. Namun, jika Anda menggunakan daging sapi, Anda bisa gunakan iga, buntut, lidah, hati ataupun kikil.

Kedua, Cara memotong daging
Anda tentu sudah paham dalam mengolah semur. Dengan waktu yang cukup lama, semur akan terasa lebih enak. Sebab bumbu akan meresap benar-benar ke dalam daging. Maka dari itu, baiknya potong daging kambing dengan arah berlawanan, sebab serat yang ada pada daging kambing tidak akan hancur saat dimasak.

Ketiga, Agar bumbu meresap
Usahakan untuk selalu tidak memotong daging kambing dengan ukuran yang besar, tujuannya agar bumbu cepat meresap ke dalam pori-pori daging kambing. Atau Anda bisa gunakan cara lain, seperti menusuk-nusuk daging kambing atau Anda memarkan daging kambing sebelum Anda olah sehingga daging akan menjadi empuk.

Sebelum Anda masak, baiknya Anda lumuri daging dengan menggunakan kecap manis dan pala bubuk dan tambahakan sedikit garam, tujuannya agar juice daging tidak akan keluar saat daging sedang dalam proses perendaman bumbu sebab akan mengakibatkan daging menjadi keras. Saat sedang proses memasak, usahakan untuk menutup panci. Ini bertujuan agar panci tidak menguap sehingga bumbu tidak ikut serta keluar beserta uap yang ditimbulkan.

Keempat, Agar tampil beda
Banyak bentuk yang dapat Anda jadikan semur kambing. Biasanya banyak orang membuat semur dalam bentuk potongan daging saja. Namun ada cara lain dalam bentuk semur, yaitu Anda bisa membuat dalam bentuk seperti bola ataupun berbentuk gulungan dengan diisi sayuran agar tampak lebih beda saat disajikan. (chy.mt)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares