Browse By

Tips dan Cara Untuk Mengkreasikan Semur Secara Berbeda

semur daging (Foto:titiw)

semur daging (Foto:titiw)

Kebnayak orang selalu berpatokan dengan ragam semur yang dimiliki Nusantara, namun Anda juga bisa untuk mencoba dengan membuat kreasian sendiri. Ada banyak resep yang perlu Anda ketahui untuk mengolah bahan berupa satu ekor daging sapi. Kami memiliki beberapa tips dan cara untuk menciptakan menu baru bagi Anda yang telah diulas di dalam buku Koleksi Resep Semur Karya Bango Cita Rasa Nusantara, yaitu :

Pertama, Mengubah bahan
Dan kebanyakan orang selalu membuat semur dengan menggunakan ayam, ikan, daging sapi, kentang, dan tahu. Namun sebenarnya semur juga dapat Anda ganti dengan jeroan. Misalnya Anda dapat mengganti dengan jeroan hati ayam, hati sapi, ampela, kaki ayam ataupun sayuran.

banneracai

Kedua, Tampilan baru
Dalam bentuk potongan juga dapat Anda ganti beda dengan bentuk potongan pada umumnya. Mungkin Anda dapat ganti bentuk dengan mengiris tipis ataupun digiling kemudian bentuk menjadi bulan seperti bola dan diberi tambahan telur ataupun abhan lain. Selain itu, daging juga bisa Anda ganti dengan berbentuk gulungan.

Ketiga, Sentuhan aromatik
Biasanya semur menggunakan daun jeruk ataupun kecombrang, namun itu bisa Anda ganti dengan memberi bumbu herbal seperti rempah dedaunan misalnya kapulaga, bunga pala, bunga pekak, ataupun adas.

Keempat, Bahan lainnya
Perlu Anda ketahui, bahwa membuat semur juga bisa Anda tambahkan dengan terasi, keluak, tauco ataupun petis. Beberapa bahan tersebut juga sangat cocok jika dimasukkan ke dalam masakan semur. Dan baiknya, jangan gunakan bahan tersebut dengan jumlah yang banyak. Sebab akan menyebabkan rasa pada semur akan rusak yang diakibatkan oleh bumbu tersebut.

Jangan lupa, untuk sellau memberikan santan agar teras alebih gurih. Disini santan dapat berfungsi sebagai pengganti air. Bagi Anda yang gemar dengan aras pedas, Anda bisa tambahkan beberapa cabai merah keriting, cabai rawit, dan paprika sehingga membuat rasa sedikit menjadi pedas.

Kelima, Cara mengolah
Untuk cara mengolah, Anda bisa menggunakan cara dibakar ataupun dipanggang terlebih dahulu sebelum Anda mulai memasak semur. (chy.mt)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares