Browse By

Tips Memasak Dengan Teknik Slow Cooking

Memasak Slow Cooking (foto:lindasetya)

Memasak Slow Cooking (foto:lindasetya)

Tentu Anda sudah tahu, bahwa teknik dalam memasak banyak sekali macamnya. Misalnya, salah satunya yaitu teknik slow cooking. Memang dalam teknik memasak ini cukup membutuhkan waktu, namun terkadang masih banyak yang salah kaprah mengenai teknik ini. Berikut beberapa hal yang perlu Anda simak, agar tidak salah lagi.

Tempatkan dengan benar
Dalam menggunakan teknik slow cooking, hal yang utama diperhatikan yaitu penempatan yang tepat. Berikut beberapa tempat yang tepat saat memasak slow cooking :

banneracai
  1.  Sebaiknya jangan menyimpan wadah saat memasak slow cooking di atas meja kayu. Anda dapat menyimpannya di atas keramik, kemudian berikan alas kaki tiga sebagai pelindungnya.
  2. Jarak antara wadah dan dinding jangan terlalu dekat.
  3. Usahakan kabel yang menggantung di tepi meja segera dirapikan, karena dapat menyebabkan bahaya.

Pilih dan ikuti cara memasak yang tepat
Tahap kedua yaitu selalu mengikuti aturan yang berlaku, seperti :

  1.  Untuk menjaga penutupnya dan menghindari penguapan saat memasak, baiknya slow cooking di isi dengan cairan yang cukup.
  2. Anda dapat menggunakan berbagai bahan yang aman, seperti cabe,semur, sup ataupun saus pasta.
  3. Pilihlah resep memasak yang lebih lama, agar dapat mengatur suhu panas jadi lebih rendah.

Perhatikan masalah keamanan
Terakhir, dalam memasak slow cooking masalah keamanan juga perlu diperhatikan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan, Yakni :

  1. Hindari penyimpanan makanan yang beku di dalam slow cooking. Sebab, slow cooking tidak dapat membantu Anda dalam memasak masakanan ataupun menghilangkan bakteri yang terdapat di dalam makanan yang beku.
  2. Gunakan suhu api yang tinggi hingga satu jam pertama, kemudian turunkan untuk memanaskan makanan saat mendekati matang.
  3. Buanglah makanan yang ada di dalam slow cooking saat listrik sedang mati. Sebab, menghindari bakteri yang akan bermunculan.(chy)
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares