Browse By

Tips Membuat Roti Yang Sempurna

Roti Sempurna (foto:suzana-ciksue)

Roti Sempurna (foto:suzana-ciksue)

Saat Anda ingin menikmati sepotong roti, tentu harus membelinya dahulu di toko roti ataupun supermarket. Namun, sebenarnya Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang sangat mudah. Berikut beberapa tips membuat roti di rumah dengan cara yang sederhana sehingga dapat menghemat isi dompet Anda.

1. Gunakan Oven
Periksalah terlebih dahulu suhu panas oven yang akan Anda gunakan sebelum Anda mulai memanggang. Namun, ada baiknya jika Anda panaskan oven terlebih dahulu kurang lebih selama 10 menit kemudian masukkan adonan. Ini bertujuan, agar adonan roti dapat cepat matang dengan waktu yang singkat.

banneracai

2. Periksa terlebih dahulu bahannya
Perhatikan bahan adonan roti yang akan Anda gunakan untuk membuat roti. Perlu Anda tahu, jika adonan roti Anda tidak mengembang maka telah terjadi kesalahan pada adonan roti Anda.

3. Saat memanggang
Roti akan cepat naik ketika menyentuh selama 176 derajat celcius dan kurang lebih selama 1 jam lamanya. Namun, Anda dapat memanggangnya cukup selama 40 menit pada tahapan pertama dan menggunakan suhu panas 176 derajat celcius. Setelah itu, Anda dapat mengurangi suhu panasnya sebanyak 162 derajat celcius. Dan berikan penutup foil, agar adonan tidak menjadi kecoklatan yang berlebihan.

4. Berikan air
Simpanlah di dalam wadah untuk menyimpan adonan roti. Ini bertujuan untuk menjaga kelembaban pada bagian dalam oven. Selain itu, dengan cara ini Anda dapat menghindari keretakan pada adonan roti Anda.

5. Pakailah wadah yang terang
Anda dapat menggunakan panci logam yang terang untuk menyimpan adonan. Ini bertujuan untuk menghindari penyerapan panas sehingga tidak terbakar. Berbeda dengan panci yang memiliki warna gelap, dengan mudah dapat menyerap panas, sehingga dengan otomatis roti akan terbakar. Setelah itu, adonan Anda olesi permanent agar adonan tidak mudah lengket.

Sedangkan panci berbahan kaca sebaiknya tidak Anda gunakan, karena adonan roti pada bagian luar mudah terbakar sehingga meninggalkan lengket. (chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares