Browse By

Tips Memilih Ayam Segar Tanpa bahan Kimia

Ilustrasi Ayam Segar (foto:plbgaimacam)

Ilustrasi Ayam Segar (foto:plbgaimacam)

Jika Anda ingin mengolah menu masakan dengan bahan aya, ada baiknya jika memilih ayam yang segar. Dalam memilih ayam yang segar, Anda juga perlu memperhatikan beberapa ciri. Anda tentu sudah mendengar, terkadang ada penjual yang berniat nakal dengan mengelabui para pembeli. Biasanya tampak pada makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi dibuat semenarik mungkin agar pembeli menarik untuk mengkonsumsinya.

Bagi para penjual, bahan kimia merupakan momok untuk para pembeli bahan makanan segar. Oleh sebab itu, Anda hendaknya lebih berhati-hati lagi dalam memilih ayam yang segar. Berikut ciri yang dapat Anda simak untuk mendapatkan ayam yang segar.

banneracai
  1. Untuk mengetahui ayam tiren dan bukan ayam tiren, Anda dapat melihatnya pada bagian bawah sayap. Ayam tiren akan tampak darah beku pada bagian bawah, sedangkan ayam yang segar tampak darah yang masih segar dilihat.
  2. Baiknya sebelum membeli ayam, Anda gosok terlebih dahulu pada bagian kulitnya. Jika kulit ayam tampak seperti tepung saat digososk dan dicuci maka kemungkinan ayam mengandung bahan kimia.
  3. Jika Anda melihat ayam dihinggapi lalat, justru ayam tersebut menandakan ayam yang segar. Namun jika ayam tersebut tidah dihinggapi lalat, maka kemungkinan mengandung bahan kimia.
  4. Ayam yang segar tidak ditandai dengan adanya lebam pada bagian tubuhnya, kecuali ayam tersebut mengalami pendarahan saat dipotong.
  5. Selain itu, ayam segar ditandai dengan warna yang kekuning-kuningan.
  6. Tidak ada salahnya, jika Anda membeli ayam ditekan-tekan dengan jari. Jika saat ditekan daging ayam kembali seperti semula, maka ayam tersebut dapat dikatakan segar. Namun, jika daging ayam yang Anda tekan tidak kembali seperti semula maka dapat dikatakan ayam tersebut tidak segar.
  7. Perlu Anda ketahui, bahwa daging ayam mudah sekali tercemar bakteri. Oleh sebab itu, ayam yang sudah Anda beli sebaiknya simpan ditempat yang pas. (chy)
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares