Browse By

Tips Memilih Ikan Segar!

Ikan Segar (foto:flexmedia)

Ikan Segar (foto:flexmedia)

Seringkali Anda tertipu oleh pedagang ikan yang nakal, sehingga Anda harus mendapatkan ikan yang kurang segar. Padahal, ikan yang Anda beli sudah tampak sangat segar terlihat jelas dari mata ikan. Sebelum Anda membeli ikan, sebaiknya Anda lebih teliti kembali untuk memastikan yang anda beli adalah ikan segar. Anda cukup menyentuh ikan untuk memastikan kesegaran ikan. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan ikan yang segar.

1. Perhatikan bagian mata
Sebagai titik awal dalam membeli ikan, Anda dapat perhatikan pada bagian mata ikan. Ikan yang segar memiliki mata yang berawan dan tampak melotot. Namun, jika ikan tampak cekung, menandakan ikan dehidrasi sehingga terlalu banyak di es batu daripada di air. Sebaiknya Anda urungkan untuk membelinya.

banneracai

2. Cium aroma ikan
Ikan yang segar, tidak memiliki aroma busuk. Ikan segar justru memiliki aroma amis khas pada ikan, dan tidak dapat ditutupi meskipun telah mengandung formalin ataupun bahan kimia.

Saat Anda berkunjung ke pasar dan menghirup aroma ikan, kemudian Anda mencium aroma makanan laut yang tidak segar, maka menandakan ikan mengandung bahan kima. Ikan yang segar, jelas memiliki aroma yang hampir asin dama seperti air laut.

3. Perhatikan kulit ikan
Perlu Anda ketahui, jika ikan yang segar memiliki warna kulit yang mengkilap. Selain itu, Anda juga dapat menyentuh dagingnya. Jika Anda tekan daging ikan kembali lagi menandakan ikan segar. Namun jika sebaliknya, ikan tersebut sudah tidak segar. (chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares