Browse By

Tips Memilih Ikan Yang Segar

Bagi Anda yang akan membeli ikan, baiknya sore hari sehingga akan mendapatkan ikan yang segar. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa bagian luar dalam dari ikan. Apakah Anda dapat membedakan ikan yang segar dan tidak segar?

Ikan Segar (foto:panduancara)

Ikan Segar (foto:panduancara)

Untuk bagian luar ikan, Anda tentu bisa melihat pada bagain kulitnya. Jika tampak mengkilap dan memiliki mata merah, dapat dikatakan ikan segar. Sedangkan untuk ikan yang tidak segar, kulitnya tampak kesat. Anda juga perlu lebih jeli dalam melihat kulit ikan, sebab tak heran jika saat ini banyak penjual yang nakal dengan membuat kulit ikan selalu tampak mengkilap.

banneracai

Menurut Chef Billy, untuk bagian luar ikan pedagang saat ini banyak yang pintar. Sebagian penjual memilih memberikan minyak kemudian disirap agar selalu tampak segar padahal ikan yang sudah tidak segar. Selanjutnya, Anda bisa melihat pada bagian dalam ikan.

Untuk bagian dalam ikan, Anda bisa melihat pada bagian insang. Jika insang bewarna merah hati, menandakan darah ikan masih segar. Sedangkan jika insang bewarna merah bata, menandakan ikan kurang segar. Saat membeli ikan juga Anda perlu memencet insangnya. Jika insang dipencet tidak lengket di tangan, maka bisa dikatakan ikan tersebut segar. Namun sebaliknya, jika insang saat dipencet terasa lengket di tangan maka ikan tersebut dapat dikatakan kurang segar.

Untuk melihhat dagingnya, Anda dapat mencongkel dengan gunakan kuku untuk memastikan daging ikan masih segar. Congkel sedikit daging ikan, namun jangan terlalu kuat. Jika daging yang menempel pada kuku, menandakan daging ikan sudah lembek sehingga tidak segar. Dan terakhir, mencium ikan saat membelinya juga sangat penting. Ikan yang segar tidak tercium aroma amis. Sedangkan untuk ikan yang segar, aroma amis tidak tercium menyengat.(chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares