Browse By

Tips Memilih Labu Matang & Segar!

buah labu matang (foto:image.google)

buah labu matang (foto:image.google)

Tampaknya dalam waktu beberapa bulan ini, buah labu lagi sedang diminati banyak orang. Dalam perayaan Holloween, lanteran labu ditambah dengan cuaca yang sedang mendukung semakin membuat labu menjadi pilihan terbaik banyak orang, misalnya untuk dijadikan sup ataupun hidangan penutup. Dan sebaiknya, sebelum Anda memutuskan untuk membeli buah labu pastikan buah labu dalam keadaan yang matang dan segar sehingga semakin membuat olahan makanan terasa lebih lezat. Berikut beberapa tips dalam memilih buah labu yang tepat :

1. Pilih Jenisnya
Tahap pertama dalam mengolah buah labu, ada baiknya Anda perhatikan jenis labu yang akan Anda gunakan. Seperti buah tomat, apel, dan sayuran lain, labu juga perlu Anda perhatikan. Sebab, labu memiliki varietas yang berbeda sesuai dengan olahan yang akan Anda buat. Jika Anda menggunakan labu sebagai dekorasi saja, Anda bisa gunakan labu dengan ukuran yang besar dan kokoh agar berdiri selalu. Selain itu, labu ini juga memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan labu lainnya. Saat diukir dengn pisau, labu ini akan menghasilkan bentuk yang cantik.

banneracai

Sedangkan jika Anda lebih menginginkan labu untuk diolah menjadi sebuah pie atau dessert, sebaiknya gunakan labu pie atau labu sugar pie. Buah labu ini dapat diolah khusus untuk dicincang, dimasak, dan dapat dimakan. Labu ini lebih memiliki tekstur yang lebih lembut, kenyal dan rasa yang manis. Namun untuk mendapatkan labu ini, Anda cukup sulit menemukannya. Sebab, labu ini tidak selalu tersedia. Namu, sebagai pengganti labu ini Anda bisa memilih labu dengan ukuran yang lebih kecil.

2. Pilihlah Warnanya
Pilihlah labu yang memiliki warna orange dengan warna yang merada pada seluruh bagian permukaan kulit labu. Sedangkan untuk kulit labu yang memiliki bintik putih pada sebagian kulitnya dan pada beberapa bagian area menghitam, ini merupakan tanda labu akibat terkena benturan. Sebaiknya, Anda jangan memaksakan untuk membelinya. Sedangkan bagi labu yang yang memiliki warna lebih cerah, ini menandakan sisi pada bagian labu telah menyentuh tanah saat mulai tumbuh dan ini tidak menjadikan Anda masalah.

3. Hindari Labu Berjamur
Labu yang tampak berjamur, namun seringkali penjual memberikan berbagai alasan apapun untuk Anda sebaiknya Anda putuskan untuk tidak membelinya. Labu yang berjamur menandakan labu yang tidak baik untuk dikonsumsi. Selain itu, labu akan mudah dan cepat mengalami pembusukkan saat disimpan. Tanda-tanda yang dimiliki labu berjamur, seperti kulit pada permukaan labu tampak putih kehijauan, ataupun labu tampak bewarna abu-abu seperti kapas.
Selain Anda perhatikan pada bagian kulit labu, Anda juga perlu memperhatikan kedua ujung labu. Baik itu pada bagian batang, dan pada daerah yang tampak bewarna keputihan pada bagian bawah labu. Jika Anda tercium aroma yang kurang sedap seperti aroma jamur pada kedua bagian tersebut, itu menandakan daging pada labu telah busuk dan sudah tidak dapat dimakan.

4. Perhatikan Beratnya
Memang dari segi tampilan, labu tampak lebih cantik dan terlihat bagus. Namun jika Anda perhatikan dan lihat dari segi berat terlihat kurang bagus. Labu dengan ukuran yang berat, menandakan jika labu tersebut mengandung banyak air dan untuk daging sehingga sudah matang jika akan dikonsumsi. Namun jika labu tersebut sangat ringan, itu menandakan sebaliknya.

5. Mengetuk
Sebelum Anda membeli lagu, ada baiknya jika Anda mencoba untuk mengetuk labu pada umumnya. Caranya, ketuk pada bagian permukaan dengan jari Anda. Jika labu terdengar lebih berongga, itu menandakan labu tidak dapat dimakan sepenuhnya, entah itu masih mentah ataupun busuk sebagian. Pilihlah labu dengan suara yang lebih padat, menandakan labu siap untuk dimakan sepenuhnya.(chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares