Browse By

Tips Menata Makanan Agar Tampak Cantik

Menata makanan Tampak Cantik (Foto:kontan)

Menata makanan Tampak Cantik (Foto:kontan)

Aroma dan rasa pada makanan bukanlah hal yang utama saat menyantapnya. Namun, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal lain yang dapat membuat nafsu makan semakin bertambah, seperti penataan piring sebelum makan.

Piring tentu menjadi hal utama saat menyajikan makanan. Hal tersebut bertujuan untuk menarik perhatian Anda, bahkan dapat merangsang cairan pencernaan Anda sehingga Anda merasa puas saat menyantap makanan yang tersaji. Berikut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menata piring makan saat akan disajikan.

banneracai

1. Berikan berbagai warna
Makanan akan terasa lebih nikmat saat Anda berikan beberapa macam warna di piring. Namun, jika Anda memberikan warna sedikit pada piring akan membuat napsu makan berkurang.

2. Pilihan piring
Selain warna, dalam pemilihan piring juga perlu dalam penyajian makanan sehingga menarik perhatian Anda secara visual. Perhatikan bentuk, warna, ataupun ukuran yang sesuai dengan menu makanan yang akan Anda sajikan. Gunakan piring yang bewarna netral seperti putih. Karena, warna putih memiliki kontras yang tinggi saat Anda padukan dengan warna lainnya.

3. Hias dengan baik
Berikan piring yang dapat di makan oleh Anda. Namun, perhatikan warna dan rasa yang seimbang dan sesuai dengan makan sajian Anda. Misalnya, dengan memberikan beberapa sayuran seperti, mentimun, wortel, kacang, ataupun buah yang Anda cincang. Dengan begitu, piring akan semakin menarik perhatian Anda saat makan.

4. Kasih sentuhan professional
Terkadang orang terlalu menyepelekan saat menyajikan makanan, sehingga kurang memancing selera makan Anda. Anda dapat mempercantik piring dengan sentuhan yang lebih bagaikan restoran besar. Meskipun menu yang Anda sajikan cukup sederhana, namun tetap tampak seperti makanan mewah. Misal, saat menu makan Anda ikan bakar berikan tambahan sayuran di atasnya sehingga sama dengan kelas restoran.

5. Eksperiman dengan makanan
Anda dapat berkreasi dengan makanan yang akan disajikan. Misalnya, kulit ayam yang Anda masak dapat Anda berikan sedikit hiasan mash potato sehingga akan tampak cantik pada makanan Anda.

6. Saus
Khusus menu daging, Anda mungkin dapat memberikan sentuhan saus yang sesuai dengan selera Anda. Misalnya, mustard ataupun mayones yang sesuai dengan selera Anda. Siram saus pada bagian atas atau bagian sekitar piring untuk mempercantik makanan Anda.

7. Perhatikan Suhu
Bagi salad yang dingin, Anda dapat menyimpannya di piring ataupun wadah yang dingin pula. Karena, wadah yang sesuai akan menjaga kesegaran yang ada pada salad dingin Anda. Namun, jika menu makanan Anda berupa sup baiknya gunakan wadah yang panas.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares