Browse By

Tips Mencegah Makanan Bau Tidak Enak

Makanan Terbuat Dari Keju (foto:crayonscraft)

Makanan Terbuat Dari Keju (foto:crayonscraft)

Seringkali makanan yang sudah Anda simpan selalu saja ujung-ujungnya tercium bau kurang enak. Baiknya Anda untuk lebih memilih kembali makanan yang layak masih disimpan dan yang sudah tidak layak untuk disimpan. Rasanya sangat menyedihkan jika Anda membuang makanan, namun masih layak sekali untuk dimakan. Sebenarnya Anda dapat menghindari beberapa makanan sebelum terjadi aroma yang kurang enak. Perhatikan tips dibawah ini, diantaranya yaitu :

1. Keju
Makanan yang satu ini biasanya cepat sekali berjamur, meskipun dia memiliki daya tahan yang cukup lama. Cara untuk menghindari jamur yaitiu, Anda cukup membungkusnya dengan menggunakan kain tipis yang sebelumnya sudah Anda rendam terlebih dahulu dengan wiski, setelah itu Anda masukkan di dalam kantong plastik. Jika Anda tidak memiliki wiski, ada`cara lain yaitu Anda dapat menggunakan kertas permanent ataupun kertas asisimplumunium dan simpan di dalam ruangan tertutup misalnya laci.

banneracai

Cara untuk menghindari agar keju tidak mudah kering yaitu, oleskan mentega diatas keju. Dan untuk menjaga susu ataupun krim, Anda dapat memberi dengan sedikit garam di dalam kemasan pada keju.

2. Kismis
Jika Anda membeli kismis, tentu Anda takut jika kismis menjadi mengeras ketika disimpan. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab untuk menghindari kismis mengeras caranya sangat simple, yaitu cukup Anda simpan di dalam sebuah toples dengan ditutup rapat. Jika Anda tidak memiliki toples, Anda bisa ganti dengan menggunakan panci kemudian beri sedikit air yang sudah matang kemudian rendam dan panaskan hingga 10 menit lalu buang airnya dan simpan di sebuah wadah.

3. Pisang
Ada cara untuk menjaga keawetan buah pisang. Jika Anda membeli buah pisang dalam keadaan masih belum terlalu matang, Anda dapat mengupasnya terlebih dahulu kemudian Anda bekukan. Simpanlah di dalam plastik, bila Anda ingin memakannya cukup Anda cairkan sebentar.

4. Wortel
Untuk sayuran yang satu ini, tentu Anda sudah cukup paham. Jika sayuran wortel Anda simpan dengan waktu yang cukup lama, tentu akan menimbulkan lendir. Baiknya, sebelum Anda simpan akar wortel di sebuah pot dengan diberi pasir yang bersih, maka alhasil Anda akan mendapatkan wortel yang lebih awet dan tahan lama segarnya. Kemudian Anda dapat menyimpannya di tempat yang sejuk ataupun gelap.

5. Sisa Pasta Tomat
Jika Anda ingin menggunakan pasta tomat dengan takaran satu sendok ataupun dua sendok makan, kemudian Anda dapat membuang kemasan pasta dan simpan sisa pasta ke dalam sebuah kertas lilin kemudian tutup dengan rapat. Anda dapat memisahkan pasta dari kertas lilinnya jika sudah berubah menjadi beku. Atau dengan cara lain, yaitu simpan pasta di dalam sebuah plastik yang dibuat khusus untuk makanan, kemudian Anda simpan di dalam freezer. (chy,mt)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares