Browse By

Tips Menggoreng Yang Sempurna

Menggoreng (foto:vemale)

Menggoreng (foto:vemale)

Saat ini banyak sekali ilmu yang dapat Anda terima tentang memasak, salah satunya kuliner Indonesia yang sudah banyak orang mengenal dengan prosesnya yang cukup rumit. Namun, bagaimanakah cara menggunakan minyak ketika Anda menggoreng ataupun menumis?

Memang tampaknya mudah saat Anda menggoreng ataupun menumis dengan beberapa bahan makanan. Namun, seringkali orang kurang memperhatikan saat sedang memasak. Bahkan terkadang masakan Anda menjadi lengket, gosong, dan lainnya sehingga membuat masakan menjadi kurang menarik. Kebanyakan orang menumis atau menggoreng dengan tahap pertama menuangkan minyak ke wajan atau teflon terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui, jika cara tersebut merupakan cara yang salah.

banneracai

Menurut Andrey Moreez, Executive Chef Swiss Bellhotel Harbour Bay Batam bahwa suhu panas dari minyak dan wajan akan terpisah, jika Anda menuangkan minyak ke dalam wajan yang belum panas. Dan inilah yang menjadi penyebab masakan Anda menjadi lengket. Cara yang terbaik yaitu, panaskan wadah terlebih dahulu kemudian masukkan minyak. Sebab suhu api akan masuk ke dalam minyak dan bekerja sebagai penahan sehingga masakan Anda akan terhindar dari lengket khususnya pada bagian dasar wadah.

Chef Andrey juga mengatakan, jika panas dari api akan tertahan saat minyak goreng yang belum panas dituangkan. Sehingga menimbulkan proses pemanasan minyak akan semakin lama. Anda tidak perlu menggunakan waktu yang lama untuk memanaskan wajan. Jika wajan yang Anda simoan diatas api sudah mengeluarkan asap, itu menandakan minyak sudah diperbolehkan untuk dituangkan. Sebaiknya gunakan panas suhu wajan 60 sampai dengan 70 derajat celcius kemudian tuangkan minyak. Selain masakan Anda tidak lengket, minyakpun tidak akan mudah berubah warna saat usai digunakan.(chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares