Browse By

Tips Menghilangkan Duri Bandeng

Ilustrasi Menghilangkan Duri Bandeng (foto:kkp)

Ilustrasi Menghilangkan Duri Bandeng (foto:kkp)

banneracai

Ikan banding identik dengan duri yang banyak, sehingga membuat sebagian orang malas untuk mengolah ikan banding karena sulit menghilangkan durinya. Namun, kini Anda tidak perlu bingung lagi, berikut ada beberapa rahasia dari Sisca Soewitomo, sebagai Praktisi Kuliner Indonesia cara menghilangkan duri yang menempel pada ikan banding sehingga akan membuat Anda merasa nikmat saat menyantapnya.

  1. Bersihkan terlebih dahulu sisik pada ikan, karena sisik cukup sulit dibersihkan jika durinya sudah tidak ada.
  2. Buang bagian insang dan kotoran-kotoran yang ada pada insang.
  3. Bersihkan bagian perut. Namun, Anda perlu hati-hati saat membersihkan bagian dalam perut agar empedu tidak pecah sehingga membuat daging ikan terasa pahit saat Anda makan nanti.
  4. Lakukan pemijatan atau pemukulan menggunakan ulekan hingga daging berubah menjadi lebih lunak.
  5. Mulai dari bagian ekor hingga kepala Anda sayat, tetapi jangan terlalu dalam agar duri tidak ikutan terpotong. Karena duri yang terpotong akan mempersulit saat menghilangkan nanti.
  6. Kemudian, pada bagian ekor Anda sayat juga hingga duri tampak sedikit terlihat.
  7. Tarik secara pelan bagian ekor dan duri ekor dengan kuat, namun posisi tangan Anda tetap memegang pada bagian ekor dan kepala ikan juga.
  8. Terakhir, pada bagian punggung Anda sayat juga hingga terbelah. Setelah itu, Anda lakukan pemeriksaan ulang pada bagian daging, apakah duri sudah hilang atau masih ada yang tertinggal. Jika masih, Anda dapat gunakan pinset untuk mencabutnya.
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares