Browse By

Tips Menikmati Kopi Hitam!

kopi nikmat (Foto:manfaatkopi)

kopi nikmat (Foto:manfaatkopi)

Kerapkali Anda menemukan ampas kopi pada bagian atas gelas usai menyeruput secangkir kopi. Apakah ampas kopi bagus? Menurut, Toni Wahid sebagai praktisi kopi di Indonesia bahwa jika kopi akan termasak dengan baik jika tidak menyisakan ampas pada bagian atas gelas. Namun, bagi kopi yang menyisakan ampas pada gelas artinya kopi bubuk yang Anda masak blm sempurna.

Toni juga mengatakan, membuat kopi sebaiknya menggunakan suhu panas yang pas. Sebab, pada dasarnya suhu panas dengan otomatis akan membakar bubuk kopi sehingga saat membuat kopi air panaslah yang akan menjadi kunci utama.

banneracai

Selain proses memasak kurang sempurna, pengadukan kopi juga akan menjadi penyebab munculnya ampas kopi ke atas permukaan gelas ataupun cangkir. Bahkan Anda akan merasa tidak nyaman dengan adanya ampas kopi yang menempel pada bagian bibir Anda serta lidah.

Sebaiknya, sat membuat kopi Anda menggunakan suhu panas tidak kurang dari 93 derajat celcius. Karena, factor utama dalam membuat kopi berada pada panasnya air panas yang digunakan. Coba Anda fikir kembali, jika Anda menyeruput ampas tidak jauh berbeda dengan Anda menyuruput kopi yang masih mentah. Dan, bagaimanakah cara menyeruput kopi yang benar?

Lakukanlah proses pengadukan searah dengan jarum jam hingga 7 sampai dengan 10 kali saat usai diseduh. Kemudian diamkan hingga air kopi dalam posisi diam dan saring kopinya. Itulah cara yang terbaik saat menikmati secangkir kopi. (chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares