Browse By

Beberapa Tips Agar Makanan Lebih Tahan Lama

Bagikan!

Aneka Makanan (foto:kecaptimbangan1)

Aneka Makanan (foto:kecaptimbangan1)

Faktor utama yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yaitu makanan. Oleh sebabnya, makanan yang higienis sangat diperlukan sekali untuk kesehatan tubuh. Dan, factor dalam menyimpan makanan juga perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan makanan yang higienis. Berikut beberapa tips yang perlu Anda simak tentang makanan agar tetap terjaga keamanannya dan lebih tahan lama untuk bisa dimakan kemudian.

banneracai TANAH WAKAF

1. Cuci Makanan
Ada baiknya sebelum Anda mengolah makanan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk mencegah bakteri menyebar. Dan pastikan sayuran ataupun buah-buahan yang akan Anda olah menjadi makanan terjaga kebersihannya dengan cara mencucina terlebih dahulu.

2. Menjaga kebersihan Dapur
Untuk menjaga kebersihan dapur tentu dengan cara sesering mungkin Anda membersihkannya. Cara yang efektif dalam membersihkan dapur, Anda dapat gunakan satu sendok teh cairan kemudian gosok pada bagian yang kotor sehingga dapur akan menjadi bersih dan wangi.

3. Simpan dengan cara terpisah
Simpan jenis makanan daging, seperti seafood, unggas, ikan, dan telur dengan cara terpisah. Cara ini bertujuan untuk menghindari kontaminasi silang pada makanan.

4. Perhatikan suhunya
Sebelum Anda mulai mengolah masakan, baiknya Anda perhatikan suhu pada makanan tersebut. Gunakan suhu yang tepat saat akan memasak. Karena adanya bakteri keluar antara 4,4 derajat celcius dan 60 derajat celcius.

5. Gunakan thermometer pada makanan
Baiknya, selalu gunakan thermometer makanan dalam memasak. Hal ini bertujuan, agar Anda selalu mengetahui tingkat panas pada makanan saat usai memasak. Saat memasak, gunakanlah suhu panas diatas 60 derajat celcius. Jika Anda menggunakan microwave, baiknya atur suhu panas hingga 73,8 derajat celcius, sehingga makanan yang Anda buat aman saat dimakan.

6. Segera Dinginkan Makanan
Tahukah Anda jika bakteri akan muncul dalam waktu yang singkat?
Secara otomatis, bakteri akan muncul pada makanan dalam waktu dua jam sehingga menyebabkan makanan akan berubah menjadi basi. Oleh sebab itu, makanan baiknya segera di dinginkan. Makanan yang telah Anda simpan di dalam kulkas, namun ingin Anda gunakan lagi sebaiknya jangan mencairkan makanan di suhu ruangan. Sebab, akan mengakibatkan bakteri muncul dengan waktu yang sangat cepat. Anda dapat mendinginkan makanan di bagian chiller yang berada di dalam kulkas.

7. Periksalah terlebih dahulu makanan
Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mencicipi makanan sebelum makan. Ini bertujuan, agar Anda dapat mengetahui apakah makanan tersebut masih layak dimakan atau tidak. Sebab, makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri tidak memiliki aroma bahkan tidak memiliki rasa.(chy)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares