Browse By

Cara Mengatasi Nasi Lengket Saat Memasak

Bagikan!

Memasak nasi foto:okefood)

Memasak nasi foto:okefood)

Makanan pokok Indonesia yaitu Beras. Seringkali orang malas memasak nasi karena hasilnya mengecewakan, seperti nasi menjadi lebih lembek, keras, bahkan terkadang lengket. Meskipun Anda sudah mengikuti aturan yang berlaku, namun tetap saja rasio yang Anda gunakan tidak dapat menjadi andalan untuk Anda.

banneracai TANAH WAKAF

Berbeda dengan Anda yang memiliki rice cooker, akan memudahkan pekerjaan Anda. Sedangkan bagi Anda yang hanya menggunakan kompor, merupakan pekerjaan yang cukup rumit. Jika nasi belum matang, Anda tentu bisa mensiasatinya dengan menambahkan air dan waktu memasak. Namun, jika nasi tampak bergetah akan membuat Anda tidak bernafsu makan.

Bagi Anda yang masih menggunakan cara tradisional, seperti menggunakan panci baiknya panci jangan ditutup. Sebab, beras yang ada di dalam panci akan saling bergesekan dan melepaskan pati sehingga akan membuat nasi lengket saat disajikan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa tambahkan nasi lebih banyak agar butiran beras dengan bebas bergerak. Memang tampaknya sulit dimengerti bagi Anda yang menganggap semakin banyak air maka nasi justru akan menjadi lembek.

Dengan menambahkan banyak air, hingga mencapai konsistensi nasi layaknya Anda memasak pasta kemudian Anda tiriskan. Cara seperti ini akan menjaga butiran beras agar tidak saling bergesekan. Tujuan Anda menirtiskan nasi, agar dapat memastikan nasi tidak diserap lebih oleh air sesuai ukuran.

Sedangkan untuk beras merah, Anda dapat memastikan dalam waktu 25 menit. Anda bisa gunakan minyak zaitun untuk menumis beras merah, kemudian tiriskan agar beras tidak lembab yang berlebih. Namun, untuk nasi putih Anda perlu ketahui beberapa hal tentang nasi nasi putih. Diantaranya, nasi putih mudah sekali menyerap air. Untuk menghindari ini, Anda dapat gunakan sdm minyak untuk menumis bulir beras selama dua menit sebelum Anda masak. Minyak akan berfungsi melindungi bentuk lapisan yang ada di sekitar butiran beras saat dimasak. Sehingga saat Anda menumis, akan membuat nasi semakin nikmat dengan aroma bakarnya.

Saat memasak nasi, Anda tambahkan air sebanyak empat kali dari takaran beras kemudian masukkan ke dalam panci dan rebus hingga matang. Untuk memastikan kematangan nasi, Anda dapat periksa setelah 15 menit setelah air mendidih.(chy)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares