Browse By

Enam Cara Jitu Untuk Anak Agar Mudah Mencoba Makanan Baru

Bagikan!

Ilustrasi Anak Tidak Mau Makan (foto:republika)

Ilustrasi Anak Tidak Mau Makan (foto:republika)

Jika anak yang suka pilih-pilih makanan, tentu membuat Anda menjadi frustasi. Ketika makan siang, pasti selalu saja terjadi perdebatan antara orangtua dan anak supaya mudah menyantap makanan barunya.

banneracai TANAH WAKAF

Tentu Anda akan mengalami masalah tersebut. Kini tidak usah khawatir lagi, kami memiliki enam tips untuk Anda yang mengalami hal sama diantaranya :

Pertama, Jangan biarkan anak Anda merasa tertekan
Daripada Anda mencoba untuk memaksakan anak Anda tertekan karena harus mencoba makanan baru yang dia rasakan, baiknya Anda mencoba untuk menciptakan makanan dengan penampilan yang menarik dan santai. Lakukan hal yang mendorong Anda secara pasif dalam mencoba berbagai sesuatu yang baru, dan tentunya dengan mencoba memakan makanan tersebut terlebih dahulu kemudian Anda dapat mempersilahkan oranglain untuk memuji makanan yang Anda makan tadi.

Kedua, Tawarkan makanan baru pada setiap jam makan.
Kegiatan untuk memperkenalkan makanan baru, jadikanlah sebagai kegiatan yang rutin untuk Anda. Baiknya, Anda selalu berusaha membuatkan makanan kesukaan anak dalam setiap harinya. Mencobalah untuk selalu menjadi juru masak bagi anaka Anda. Perlu Anda tahu, bahwa banyak kasus yang tekah dialami oleh anak, maka dari itu baiknya sejak dini perkenalkan anak dengan makanan baru, misalnya dengan memperkenalkan anak tujuh kali sebelum anak mencobanya!

Ketiga, Berikan anak kesempatan dalam memilih.
Berilah dua pilihan untuk anak Anda dalam memilih makanan barunya ketika Anda akan memberikan makanan baru. Sebab cara itu dapat membantu Anda dalam memberikan makanan kepada anak, misalnya sayuran brokoli terlebih dahulu kemudian kacang polong. Dengan memberikan pilihan kepada anak, Anda akan dengan gampang mengontrol makanannya.

Keempat, Berikanlah kebebasan anak Anda dalam menyiapkan makanan.
Bebaskanlah anak Anda untuk menjadi seorang koki cilik. Jika perlu Anda ajak anak Anda untuk menyiapkan sesuatu yang baru baginya. Keikutsertaan anak dalam membuat makanan, juatru akan membuat sang anak untuk lebih tertarik dengan apa yang dilakukannya.

Kelima, Biarkan anak untuk mencoba makanan yang Anda makan.
Apabila anak Anda mulai tertarik dengan makanan yang Anda makan, maka biarkanlah anak untuk ikut mencoba beberapa makanan yang Anda coba.

Keenam, Berikan kesempatan anak untuk memilih dua jenis makanan.
Baiknya, Anda untuk menghindari pertanyaan kepada sang anak apa yang mereka inginkan sekarang. Sebab, dengan begitu Anda akan mendapatkan pilihan yang tidak sesuai dengan pilihlah yang tentu sudah Anda siapkan. Tetapi jika Anda lebih focus dengan memberikan pilihan yang tentu sudah Anda siapkan, dan memuji sang anak dalam menjawab pilihannya maka Anda akan merasa lebih puas.(chy.mt)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares