Browse By

Rahasia Membuat Kopi Enak

Bagikan!

kopi nikmat (Foto:manfaatkopi)

kopi nikmat (Foto:manfaatkopi)

Dipagi hari memang paling asik jika sambil menikmati segelas kopi hangat. Untuk menikmati segelas kopi yang enak, Anda perlu tahu beberapa hal mengenai proses pembuatannya.

banneracai TANAH WAKAF

Kopi bisa Anda nikmati dimanapun Anda berada, tentunya sambil melakukan aktivitas sehari-hari. Cara menyeduh kopipun dapat Anda lakukan dengan cara yang sederhana, meskipun tidak menggunakan mesin yang sangat canggih. Berikut rahasia yang Anda harus tahu cara membuat kopi agar nikmat saat diminum.

1. Biji kopi harus segar
Biasanya rasa enak yang dimiliki kopi dapat bertahan selama dua pekan, dimulai dari tanggal saat memanggang. Maka, gunakanlah kopi maksimal dalam waktu dua pekan ke depan. Ini bertujuan, agar Anda mendapatkan kopi yang lebih enak saat diminum.

2. Giling biji kopi
Rasa yang luar biasa enak saat kopi baru saja digiling. Sebaiknya, gilinglah kopi sebelum Anda menyeduhnya agar mendapatkan kopi yang nikmat. Anda dapat menemukan alat penggiling kopi di pasar tradisional ataupun di supermarket. Untuk keadaan yang sangat darurat, Anda dapat gunakan pisau. Namun, menggunakan penggiling kopilah cara yang terbaik.

3. Penyimpanan
Makanan akan menghasilkan aroma dan rasa yang baik jika Anda simpan dengan baik, begitu pula dengan kopi. Cara menyimpan kopi tidak jauh berbeda dengan Anda menyimpan minyak zaitun. Oleh sebab itu, baiknya Anda hindari kopi dari sinar matahri.

Caranya, Anda tutup rapat kopi yang di dalam wadah dan usahakan untuk jauh dari panas serta kelembaban sebelum Anda seduh. Perlu diketahui, bahwa kopi tidak dapat Anda bekukan, karena akan mengakibatkan kopi menjadi lebi lembab sehingga akan berpengaruh dalam struktur kopi dan menjadi kopi berbau kurang sedap.

4. Penyeduh kopi
Seringkali orang membuat kopi dengan menggunakan air biasa. Cara seperti itu, tentu salah. Baiknya, saat akan membuat kopi gunakan air dalam keadaan mendidih.

Anda dapat menggunakan metode kertas penyaring, yaitu menyeduh kopi dengan cara menggunakan air panas. Diamkan air mendidih selama 20 detik hingga suhunya berubah menjadi 93 derajat celcius.

5. Ukuran kopinya
Dan terakhir, yaitu ukuran dalam memberikan kopi saat akan dikonsumsi. Tahukah Anda, jika setiap jenis kopi memiliki takaran dan kepadatan yang berbeda. Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi kopi tebal, Anda dapat memberikan sedikit lebih banyak. Untuk ukuran satu sendok makan, maka artinya sama dengan seperti 7 gram kopi. (chy)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares