Browse By

Resep Membuat Pindang Ikan Patin Yang Nikmat dan Lezat!

Bagikan!

Pindang Ikan Patin (Foto:wikiresep)

Pindang Ikan Patin (Foto:wikiresep)

Memang menu paling cocok dan pas untuk kuliner jika ada hadirnya ikan. Selain memiliki rasa yang enak, ikan juga kaya akan gizi untuk tubuh. Jika Anda ingin mencoba memasak menu kuliner dengan bahan ikan, Anda bisa membuat pindang ikan patin. Ikan patin merupakan salahsatu ikan air tawar yang memiliki rasa lebih enak dibandingkan dengan jenis ikan tawar lainnya. Ikan patin juga memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lembek.

banneracai TANAH WAKAF

Menurut Riki Maulana, Sous Chef Intercontinental Jakarta MidPlaza, jika Anda mengolah ikan patin sebaiknya ikan tersebut jangan sering-sering diaduk, sebab akan membuat tekstur dagingnya semakin lembut, dan daging yang dimiliki juga cukup sedikit sehingga mudah hancur. Selain itu, dalam penggunaan suhu panas komporpun sebaiknya lebih diperhatikan lagi. Dan sebaiknya gunakan api dengan suhu panas kecil, agar saat proses pembuatan ikan patin tidak menjadi terombang ambing akibat panasnya kompor. Berikut cara membuat pindang ikan pati.

Bahan : kunyit, jahe, lengkuas, daun jeruk, serai, daun salam, bawang merah, dan bawang putih.

Resep Membuat Pindang Ikan Patin :

  1. Bersihkan ikan patin terlebih dahulu hingga bersih, kemudian beri sedikit garam dan perasan air jeruk untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Diamkan selama 10 sampai 15 menit agar bumbu meresap, kemudian potong sesuai keinginan Anda. Sebaiknya jangan potong dengan ukuran besar, sebab akan membuat ikan lama matangnya.
  2. Tumis semua bahan hingga tercium bau wangi, kemudian masukkan kaldu dari ikan patin tersebut. Diamkan ikan hingga 10 menit dan tutup rapat ikan agar lebih cepat mendidih hingga matang dengan sendirinya.
  3. Jika menurut Anda ikan sudah cukup matang, kemudian masukkan tomat hijau.Diamkan selama 5 menit kemudian Angkat dan sajikan!

Dalam penggunaan bumbu, Anda dapat sesuaikan dengan keinginan. Jika Anda ingin masakan lebih tercium aroma wangi, maka banyakin daun jeruk dan serai serta daun salam. Namun jika Anda ingin lebih tercium aroma tajam, Anda bisa perbanyak gunakan lengkuas, kunyit, dan jahe. Selamat Mencoba! (chy,mt)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares