Browse By

Telitilah Sebelum Anda Membeli Minyak Goreng

Bagikan!

Minyak Goreng (Foto:republika)

Minyak Goreng (Foto:republika)

Tahukah Anda bahwa minyak goreng saat didiamkan dalam kondisi panas akan menyebabkan asap? Asap yang timbul dikarenakan dari panasnya minyak yang sudah melewati batas titik asapnya. Dan apakah menurut Anda hal tersebut penting untuk mempertimbangkan kembali yang ditimbulkan oleh tiitk asap minyak ketika akan menggoreng?

banneracai TANAH WAKAF

Jika Anda ingin menggoreng, baiknya Anda perhatikan dalam memilih minyak yang akan digunakan. Perhatikan titik asap yang ditimbulkan dari minyak yang akan Anda gunakan. Biasanya suhu yang dibutuhkan yaitu yang sesuai dengan resep yang Anda pakai. Ada beberapa tips dalam memilih minyak, yaitu :

  1. Titik asap yang diakibatkan minyak biasanya sekitar 95 sampai dengan 205 derajat celcius. Perlu Anda ketahui, jika proses pada minyak yang dilalui semakin sedikit, seperti penekanan, penyaringan, dan pemurnian, maka semakin rendah titik asap yang akan dihasilkan. Untuk minyak yang telah mengalami pemurnian, baik digunakan untuk memasak dalam keadaan suhu tinggi.
  2. Makanan yang digoreng sebagian besar masih memerlukan titik asap dengan suhu 175 dan 205 derajat celcius. Bila Anda lebih memilih untuk menggunakan titik asap dengan suhu diatas 205 derajat celcius, maka aman untuk Anda gunakan.
  3. Minyak yang sudah mulai menimbulkan asap, maka akan menyebabkan terbakar. Tetapi jika minyak yang sudah menimbulkan asap namun Anda tidak menyalakan api, dan hasilnyapun rasa dan manfaat kesehatan yang dikandung di dalam minyak akan hilang dengan sendirinya.
  4. Untuk mengetahui suhu minyak, Anda tidak perlu menggunakan thermometer. Anda cukup melihat keadaan minyak saja, jika dalam keadaan panas, minyak akan menghasilkan aroma dan warnanyapun terlihat lebih mengkilap dan tampak lebih encer dibandingkan ketika Anda sedang menuangkan minyak ke dalam botol.

Jika ciri-ciri tersebut sudah mulai tampak, maka minyak tersebut sudah mulai mendekati titik asap dan sudah dapat Anda gunakan untuk memasak. Jika Anda sudah mulai memasak, maka secara otomatis suhu minyak menurun sehingga mencegah minyak mencapai titik asapnya. (chy.mt)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares