Browse By

Tips Agar Gula Merah Tak Benyek Nih Sis

Bagikan!

Banyak jenis gula yang dapat Anda nikmati sebagai bahan masakan Anda, salah satunya gula merah. Ketika gula merah yang Anda punya sudah mulai tampak tidak segar dan tampak berair sedikit, ini salah satu penyebab salah dalam menyimpannya.

banneracai TANAH WAKAF
Gula Merah (foto:otonomidaerah)

Gula Merah (foto:otonomidaerah)

Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara menyimpan gula merah yang benar, sehingga seringkali terjadi kesalahan yang menyebabkan gula merah menjadi benyek, bahkan dikerubungi oleh semut. Perlu Anda ketahui, jika daya tahan yang dimiliki gula merah dan gula pasir sangat berbeda. Jika gula pasir memiliki daya tahan yang cukup lama, tetapi tidak untuk gula merah yang memiliki daya tahan sangat sedikit meskipun sudah Anda simpan rapat di dalam kemasan dan plastik.

Berikut beberapa tips cara menyimpan gula merah yang benar, agar tidak benyek :

  1. Masukkan gula merah ke dalam wadah yang mudah dibawa kemana-mana. Tidak masalah jika wadah tersebut bekas gula pasir, kopi, ataupun teh sebab gula merah tidak dengan mudah untuk berubah warna ataupun aroma. Namun pastiakn selalu, wadah yang akan Anda gunakan memiliki kedap udara.
  2. Cara kedua ini, Anda bisa gunakan wadah seperti mangkuk kemudian simpan di dalam microwave. Sebab, mengingat tekstur yang dimiliki gula merah sangat lembut dan dapat mengubah kelembaban gula merah, maka sebaiknya Anda gunakan roti kemudian potong menjadi beberapa bagian dan disimpan di wadah penyimpanan yang akan Anda gunakan. Setelah Anda simpan di dalam microwave, Anda bisa gunakan handuk kertas kemudian basahi dan simpan pada bagian atasnya. Cara ini berfungsi untuk menjaga tekstur gula merah sehingga selalu tampak mengeras.(chy)
Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares